Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Satgas Covid-19 Siapkan Masker Khusus untuk Daerah Zona Merah

Senin, 28 September 2020 - 15:21 | 31.83k
Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo. (FOTO: Dok. BNPB)
Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo. (FOTO: Dok. BNPB)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTASatgas Covid-19 akan membuat standardisasi penggunaan masker khusus yang berkualitas tinggi untuk daerah zona merah. Masker kualitas tinggi ini dinilai penting untuk mencegah penularan Virus Corona.

Hal itu ditegaskan  Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dalam konferensi pers virtual di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/9/2020).

"Menyangkut masalah standar nasional Indonesia tentang masker, jadi sebenarnya masker ini semuanya berguna, tak ada masker yang tidak berguna. Namun bagi daerah-daerah yang zona merah lantas tingkat risiko penularannya tinggi perlu kita buatkan sebuah standardisasi," ucapnya.

Doni mengatakan tim Satgas dan beberapa perusahaan sudah bisa membuat masker yang diproduksi lokal dengan kualitas filter sampai 70-80 persen. Masker itu sudah mendapat rekomendasi dari BPPT dan Jerman.

"Jadi dua lembaga satu dari Jerman dan satu lagi dari BPPT. Ini akan kita coba kita kembangkan terus sehingga nantinya kualitas masker yang digunakan masyarakat semakin baik," terangnya.

Doni menegaskan lagi perihal semua jenis masker sangat bermanfaat mencegah Corona. Namun khusus untuk daerah yang berisiko tinggi, diperlukan masker yang kualitasnya tinggi.

"Tinggal kita sekarang melihat kita berada pada daerah mana, daerah yang risiko rendah tentu mungkin kualitas maskernya tidak perlu harus pada posisi yang sangat berkualitas atau tinggi," tutur dia. 

Akan tetapi, menurutnya, daerah yang berisiko tinggi, terutama di zona merah, tentu diimbau masyarakat agar menggunakan standar masker yang berkualitas. "Sehingga risiko penularannya juga kecil," tandas Doni, Ketua Satgas Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES