Peristiwa Nasional

Manuver Lapangan Sikatan Daya 2020 Dimulai, 39 Pesawat Tempur TNI AU Beraksi

Senin, 28 September 2020 - 14:10 | 161.91k
Pesawat latih supersonik T-50 Golden Eagle yang turut melakukan latihan sikatan daya Koopsau II di Lanud ABD Saleh Malang. Senin, 28/9/2020. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Pesawat latih supersonik T-50 Golden Eagle yang turut melakukan latihan sikatan daya Koopsau II di Lanud ABD Saleh Malang. Senin, 28/9/2020. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Satuan Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Koopsau II) sedang menguji kemampuannya dengan menggelar latihan "Sikatan Daya 2020" yang melibatkan skadron udara tempur, angkut, intai dan helikopter. Total ada 39 pesawat tempur.

Unsur tempur yang dilibatkan dalam Sikatan Daya”2020 ini terdiri dari skadron udara tempur, angkut, intai dan helikopter.

Pangkoops AU II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, SIP Senin (28/9/2020) tiba di Lanud Abd Saleh Malang untuk menandai dimulainya manuver lapangan.

Minggit-Tribowo.jpgPangkoops AU II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, SIP saat memberikan keterangan kepada wartawan di Lanud Abd Saleh Malang.(FOTO:Tria Adha/TIMES Indonesia)

Pangkoopsau II mengatakan latihan tempur dengan sandi Sikatan Daya 2020 ini bertujuan untuk menguji sejauh  mana kesiapan dari selurih satuan yang ada di jajaran Koopsau II.

"Koopsau II memiliki 12 pangkalan udara, tiga diantaranya adalah Pangkalan Udara (Lanud) type A yang membawahi beberapa skadron udara. Nah hari ini kita lakukan manuver lapangan, bagaimana realisasi satuan tugas di jajaran Koopsau II dalam menjalankan tugasnya," ujar Minggit Tribowo.

Sejumlah skadron udara yang memiliki pesawat-pesawat tempur dilibatkan diantaranyab 4 pesawat Sukhoi dari Skadron Udara 11 yang akan tergabung dalam Satuan Pesawat Tempur (Satpespur) dengan sejumlah pesawat F-16 dari Skadron Udara 3,  pesawat Su-27/30 dari Skadron Udara 14, pesawat T-50i dari Skadron Udara 15, serta pesawat EMB-314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Manuver lapangan itu akan dilaksanakan selama 3 hari mulai hari ini hingga tanggal 30 September 2020 mendatang.

Minggit-Tribowo-2.jpg

Sebelumnya didahului dengan Gladi Posko dengan menggunakan sarana vikon yang berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu (21-23/9/2020) di Lanud Iswahjudi, Magetan terhadap seluruh jajaran yang dilatih.

Latihan antar satuan Koopsau II “Sikatan Daya” 2020 yang digelar TNI AU ini mensimulasikan beberapa operasi udara yang menjadi tanggungjawab Koopsau II diantaranya operasi intelejen udara, serangan strategis, perlawanan udara maupun darat, serta operasi dukungan udara.

"Meliputi pengisian bahan bakar di udara maupun penerjunan. Kita melibatkan sekitar 706 personel dengan 3 pangkalan operasi yang kita gunakan yakni Lanud Abd Saleh Malang, Lanud Iswahyudi di Madiun dan Lanud Mulyono di Surabaya," kata Minggit.

Hari ini manuver lapangan dimulai oleh Satuan di jajaran Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Koopsau II) dengan sandi Sikatan Daya 2020 untuk menguji kemampuan tempur personel jajaran Koopsau II dengan segala aspek pendukungnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES