Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Maklumat KSAD TNI Andika Perkasa terkait Demo 20 Oktober

Senin, 28 September 2020 - 13:11 | 308.02k
Informasi yang beredar tentang maklumat KSAD TNI Andika Perkasa terkait demo 20 Oktober. (Foto: Tangkapan Layar TIMES Indonesia)
Informasi yang beredar tentang maklumat KSAD TNI Andika Perkasa terkait demo 20 Oktober. (Foto: Tangkapan Layar TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah informasi terkait maklumat KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menyambut aksi demo pada tanggal 20 Oktober 2020 beredar di media sosial Facebook. Dalam informasi tersebut tertulis bahwa KSAD Andika Perkasa memerintahkan jajaran TNI AD bersiaga menjaga keamanan di wilayah masing-masing.

Informasi tersebut diunggah oleh akun Facebook: Mohamad Harisudin Mahfud, pada 10 September 2020 pukul 18.43 WIB. Dalam informasi tersebut terdapat 8 poin maklumat dari KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa. 

Berikut narasi yang diunggah Mohamad Harisudin Mahfud terkait maklumat KSAD TNI:

Jendral Andika keren :+1:
Menyikapi rencana aksi demo hingga 20 Oktober 2020
Utk persatuan dan jaga persatuan.
Jangan mau dibenturkan antar komponen bangsa yg ingin merusak persatuan.
jadi ingat dhawuh Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya : BESAR-BESARKAN PARTAIMU, SETELAH BESAR NEGARAMU
PERSATUAN INDONESIA

hoaks Maklumat KSAD 2Sumber: Postingan Facebook

CEK FAKTA

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Karena unggahan gambar informasi tersebut tidak resmi dikeluarkan oleh TNI. 

Penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia dalam mesin pencari Google menemukan bahwa gambar tersebut beredar di media sosial Facebook dan Twitter. Pada media sosial Facebook, informasi ini diunggah pertama akun Facebook Peter F. Gontha. Kemudian, banyak diunggah oleh akun buzzer seperti Tebing Lover dan Opinipedia.

hoaks Maklumat KSAD 3Sumber: Postingan Facebook

hoaks Maklumat KSAD 4Sumber: Postingan Facebook 

hoaks-Maklumat-KSAD-10.jpgSumber: Postingan Facebook

Sedangkan untuk hasil pencarian dari Twitter ditemukan bahwa informasi ini diunggah oleh akun Twitter @IpongHembing. 

hoaks Maklumat KSAD 6Sumber: Twitter

Kemudian, hasil penelusuan juga menemukan bahwa informasi imbauan KSAD itu juga diunggah oleh situs targetkasus.id. Foto tersebut dipasang di display website. Website ini merupakan situs berita yang belum resmi dari Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Situs ini banyak mengunggah informasi terkait berita TNI, Polri, dan Pemerintah RI.  

hoaks Maklumat KSAD 7Sumber: targetkasusnews.id

Sementara itu, pencarian dengan menggunakan kata kunci, Maklumat KSAD Jendral TNI Andika Perkasa, tidak ada situs resmi ataupun pemberitaan media terverifikasi yang menyebut adanya maklumat KSAD tentang menyambut aksi demo tanggal 20 Oktober 2020. Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen Nefra Firdaus, membantah adanya maklumat yang dikeluarkan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa untuk bersiaga menghadapi aksi demonstrasi pada 20 Oktober 2020.

Salinan maklumat tersebut beredar di media sosial. "Itu hoax," ujar Nefra lewat pesan singkat, Rabu, 23 September 2020 yang dikutip dari tempo.co.

hoaks Maklumat KSAD 8Sumber: Beredar Maklumat KSAD Minta Siaga Hadapi Aksi 20 Oktober, TNI AD: Itu Hoax | Tempo

Hasil penelurusan terkait maklumat KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menyambut aksi demo tanggal 20 Oktober 2020 juga mengarah pada informasi hoaks yang telah ditelusuri oleh Mafindo, jaringan CEK Fakta TIMES Indonesia. Dalam hasil penelusurannya, juga ditemukan bahwa infomrasi ini merupakan informasi hoaks. 

hoaks Maklumat KSAD 9Sumber: [SALAH] Maklumat KSAD Untuk Siaga Aksi 20 Oktober 2020 | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelusuran tim Cek Fakta, dapat disimpulkan bahwa informasi maklumat KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menyambut aksi demo tanggal 20 Oktober 2020 tidak benar. Gambar yang diunggah bukan merupakan gambar resmi, namun gambar yang dibuat untuk mengecoh pembaca bahwa pesan tersebut dibuat oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, konten tersebut masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan. Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES