Peristiwa Daerah

Peringati HUT ke 60, Karang Taruna Banyuwangi Launching BUMKar

Minggu, 27 September 2020 - 22:05 | 75.56k
Penyerahan tumpeng dari Kepala Desa Kebaman (peci putih) kepada Ketua Karang Taruna Desa Kebaman (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Penyerahan tumpeng dari Kepala Desa Kebaman (peci putih) kepada Ketua Karang Taruna Desa Kebaman (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Taruna yang ke 60 yang diperingati setiap tanggal 26 September menjadi momen penting bagi Karang Taruna Tunas Pemuda Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jawa Timur. Pasalnya, organisasi kepemudaan yang berada di tingkatan desa ini memperingatinya sekaligus dengan launching BUMKar (Badan Usaha Milik Karang Taruna).

Ketua Karang Taruna 'Tunas Pemuda' Desa Kebaman, Rizki Alfian Restiawan, S.M mengatakan, pembentukan BUMKar tersebut bertujuan untuk mewadahi para pemuda setempat yang ingin belajar berwirausaha.

"Langkah awal kami membuat semacam kafe mini. Kami melihat di kantor desa setiap malam banyak teman-teman pemuda yang wifi-an. Kami berfikir ini adalah peluang," ungkap Rizki, Minggu (27/9/2020).

Penyerahan-tumpeng-2.jpg

Meski lokasinya satu ruangan di sekretariat Karang Taruna yang berada di dalam lingkup Kantor Pemerintah Desa Kebaman, namun tidak menyurutkan semangat organisasi yang punya slogan Adhitya Karya Mahatva Yodha tersebut.

"Mimpi besar memang harus diawali dari hal terkecil terlebih dahulu. Semoga ini awal yang baik untuk kita semuanya," terang Rizki.

Rizki menjelaskan, untuk modal awal BUMKar berasal dari kas organisasi. Nantinya, perputaran hasil usaha di dalam BUMKar sebagian digunakan kembali untuk kas organisasi.

"Ini cara kamu menghidupi organisasi. Semoga kedepan organisasi yang menghidupi kami," harap Rizki.

Mahasiswa lulusan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi tersebut memproyeksikan jika BUMKar yang baru di launching itu nantinya bisa bekerjasama dengan para pelaku UMKM yang ada di Desa Kebaman.

Penyerahan-tumpeng-3.jpg

"Kami punya sebuah konsep untuk para pelaku UMKM untuk nanti bisa kolaborasi. Yang pasti ini masih tahap penyempurnaan. Kami mohon doa dan dukungannya agar cepat terselesaikan konsep tersebut," ujar Rizki.

Rizki mengungkapkan, selain BUMKar, di Desa Kebaman juga terdapat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Keduanya bertujuan untuk roda penggerak perekonomian masyarakat yang berada di Desa Kebaman.

"Di desa kami ada BUMDes. Kami berpikir, kenapa kami tidak membuat BUMKar, kalau bisa berjalan beriringan pasti ekonomi di desa akan lebih hidup," terangnya.

Kepala Desa Kebaman, Alif Burhanuddin mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Karang Taruna Tunas Pemuda. Menurut dia, BUMKar merupakan inovasi yang patut didukung sebagai bagian dari mendorong percepatan pergerakan perekonomian masyarakat desa.

"Semoga bisa menjadikannya bermanfaat dan dapat menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat Kebaman," kata Alif saat membuka BUMKar.

Launching BUMKar ditandai dengan pemotongan tumpeng sekaligus memperingati HUT Karang Taruna yang ke 60 tahun. Acara dikemas dengan diskusi kepemudaan dengan menghadirkan perwakilan pemuda dari masing-masing dusun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES