Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Doni Monardo: Penularan Covid-19 Dilakukan Orang Dekat

Minggu, 27 September 2020 - 21:46 | 47.75k
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: BNPB).
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: BNPB).
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan bahwa orang-orang terdekat berpotensi menjadi penular Covid-19.

Karena itu, ia menekankan pentingnya menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari risiko penularan tersebut.

"Bukan orang yang jauh dari kita. Yang menulari kita adalah orang yang terdekat, siapa orang terdekat, yakni keluarga, saudara, sanak, famili, atau teman sekerja. Itulah yang berpotensi," ujar dia dalam siaran pers satuan tugas, Jakarta, Minggu (27/9/2020).

Dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama Pemprov Aceh di Aceh, Sabtu (26/9/2020), Doni mengingatkan seluruh lapisan masyarakat bahwa perantara utama penularan Covid-19 adalah manusia.

"Covid-19 ini yang menyebarkan bukan seperti flu burung atau flu babi. Flu babi dan flu burung ditularkan oleh hewan, Covid-19 ini ditularkan oleh manusia," katanya.

Menurut data Satgas, tujuh persen penderita Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta adalah mereka yang tidak beraktivitas di luar rumah. 

Hal ini menunjukkan bahwa mereka tertular dari orang-orang terdekat mereka. Doni mengungkapkan, ancaman penularan virus dari orang-orang yang terserang Covid-19 namun tidak mengalami gejala sakit.

".Kalau mereka masih berada di luar, mereka sendiri tidak sadar, dia pergi kemana-mana, kemudian ketemu dengan keluarganya, saudaranya, orang yang dicintainya dan secara tidak langsung menulari. Ini yang berbahaya," tandas Doni Monardo, Ketua Satgas Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES