Peristiwa Daerah

Aksi Teror KKSB Papua, Dua Prajurit TNI Gugur Bertugas di Intan Jaya

Minggu, 27 September 2020 - 14:53 | 97.11k
ilustrasi TNI Gugur dalam tugas. (Foto; Kompas.com)
ilustrasi TNI Gugur dalam tugas. (Foto; Kompas.com)

TIMESINDONESIA, PAPUA – Dua prajurit TNI gugur dalam tugas saat bentrok dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua.  Kedua prajurit TNI yang gugur dalam bentrok dengan KKSB Papua yakni Pratu Dwi Akbar Utomo dan Serka Sahlan.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria menyampaikan bahwa dalam penyerangan Pos Koramil Persiapan Distrik Hitadipa Kabupaten Intan Jaya,Sabtu (19/9/2020) lalu, satu anggota BKO Koramil Persiapan, Pratu Dwi Akbar Utomo gugur karena luka tembak. 

"Peristiwa tersebut mengakibatkan gugurnya salah satu anggota BKO Koramil Persiapan, Pratu Dwi Akbar Utomo karena luka tembak, Sabtu (19/9/2020),” kata Reza, dalam keterangan tertulis.

Reza menyebutkan keberadaan satuan BKO Koramil dan Kodim Persiapan merupakan suatu upaya dari Pimpinan TNI AD untuk mempersiapkan berdirinya Koramil dan Kodim di tengah keterbatasan jumlah personel di Papua. Tugas pokok Koramil dan Kodim tersebut adalah membantu pemerintah daerah melalui pembinaan teritorial untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta percepatan pembangunan di wilayah Papua.

Reza menjelaskan sebelummya KKSB beraksi pada Kamis (17/9/2020). Anggota KKSB ini sempat membacok pengemudi ojek bernama Badawi dengan menggunakan parang hingga meninggal di lokasi kejadian pada pukul 10.50 WIT. Peristiwa kedua terjadi pada pukul 14.20 WIT, KKSB menghadang anggota BKO Koramil Persiapan yang sedang membawa logistik bernama Serka Sahlan, peristiwa tersebut mengakibatkan Serka Sahlan Gugur karena luka tembak.

Kapendam XVII Cenderawasih menyayangkan kejadian bentrok KKSB Papua yang mengakibatkan korban dari prajurit TNI dan warga sipil tersebut. Reza berharap pada seluruh komponen masyarakat di wilayah Papua untuk Bersama-sama membangun Papua dengan penuh Kedamaian, untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Papua.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES