Ekonomi

Terdampak Covid, Petani Kacang Tanah di Jombang Tetap Produktif

Minggu, 27 September 2020 - 10:25 | 138.48k
Petani Kacang tanah di Dusun Klagen, Kepuhkembeng, Peterongan, Jombang (foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Petani Kacang tanah di Dusun Klagen, Kepuhkembeng, Peterongan, Jombang (foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Hal ini berdampak terhadap berbagai sektor, termasuk pertanian. Sebagai ujung tombak pangan, sektor pertanian dituntut mampu tetap berproduksi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Kondisi itu yang dialami dan dirasakan Jumilah, 55 tahun, petani kacang tanah asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Petani asli Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan itu mengaku hasil panen tahun ini tidak mengalami banyak perubahan bahkan sangat melimpah. "Alhamdulillah, panen tahun ini bisa dibilang berhasil," tutur kepada TIMES Indonesia, Minggu (27/9/2020). 

Menurut Jumilah, kondisi cuaca dan musimnya pas. Dia menuturkan, panen kacang tanah hanya berlangsung sekali dalam setahun." Antara bulan Juni-September musim yang pas," imbuhnya. 

petani kacang b

Kendati panen bisa berhasil, namun terkendala dengan menurunnya hasil penjualan. Biasanya, Jumlah mampu menjual seharga Rp10 ribu per kilogram (kg) Namun, di masa pandemi ini hanya mampu terjual Rp7 ribu per-kg.

Meski harga menurun, Jumilah tetap berusaha memberi yang terbaik dari hasil panennya, dengan tetap menjaga kualitas kacang tanah. Baginya, menjaga kualitas merupakan salah satu pelayanan terbaik yang harus dijaga untuk konsumen. Karena sudah bekerja sama dengan pengepul dari luar daerah.

"Diambil pengepul dari Brangkal (daerah di Kabupaten Mojokerto), biasanya dibuat kayak kacang garuda, MBS bahkan sampai diekspor ke luar negeri, gitu kata pengepulnya," tutur Jumilah.

Ia berharap pemerintah bisa memperhatikan nasib petani dengan mengoptimalkan harga jual kacang tanah, juga produk pertanian lainnya. "Semoga pemerintah bisa memperhatikan. Harga-harga bisa normal seperti biasa," ujar Jumilah, petani kacang tanah di Jombang yang turut terdampak covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES