Kesehatan

Daun Sirih Obat Tradisional untuk Sakit Mata

Minggu, 27 September 2020 - 05:22 | 570.32k
ILUSTRASI - Daun Sirih. (FOTO:  Womantalk)
ILUSTRASI - Daun Sirih. (FOTO: Womantalk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Manfaat daun sirih memang telah terbukti sejak jaman kuno sampai dengan sekarang. Manfaatnya sebagai obat mujarab ini  sudah melegenda di masyarakat secara turun temurun yang salah satunya ampuh untuk mengobati penyakit mata. Tak hanya sakit mata merah, tapi juga bisa untuk mengobati mata minus.

Di dalam membuat ramuan herbal ini tidak perlu dicampur dengan  bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam membuat ramuan manfaat obat herbal daun sirih dalam mengatasi penyakit mata. Sebaiknya menggunakan daun sirih hijau bukan dengan daun sirih merah.

Cara pertama:

  • Pertama-tama kita siapkan 6 helai daun sirih yang masih segar, lalu bersihkan daun sirih dengan air bersih. Kemudian godok dengan 2 gelas air dan di beri sedikit garam, lalu godok sampai mendidih.
  • Setelah godokan daun sirih mendidih, lalu angkat dan dinginkan sampai air godokan daun sirih dingin.
  • Selanjutnya, saring air godokan daun sirih tadi dengan saringan
  • Kemudian gunaklan air godokan daun sirih yang telah disaring tadi untuk membersihkan mata yang sakit, caranya yaitu dengan menuangkan sedikit air godokan daun sirih pada sebuah pisin kecil lalu kedip-kedipkan pada mata anda yang sakit. Lakukan pengobatan ini pada waktu pagi dan malam hari secara teratur sampai sakit mata betul-betul sembuh.

Cara kedua:

  • Pertama-tama siapkan 4-5 lembar daun sirih yang masih segar, lalu cuci dengan air bersih.
  • Setelah itu, rendam daun sirih tersebut dengan ½ gelas air panas. Kemudian setelah agak dingin, remas-remas sampai daun sirihnya benar-benar hancur.
  • Selanjutnya saring air daun sirihnya, lalu gunakan dengan cara di jadikan obat tetes mata. Lakukan pengobatan ini secara teratur 3 kali sehari 2-3 tetes per sekali pengobatan.

Demikianlah manfaat daun sirih untuk kesehatan mata, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda dan semoga lekas sembuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES