Wisata

Wisata Alam Hutan Pinus Buaran Bukit Ares Pewinihan Banjarnegara, Cocok untuk Akhir Pekan

Minggu, 27 September 2020 - 01:14 | 405.14k
Suasana objek wisata Hutan Pinus Buaran Bukit Ares Pawinihan Pekandangan, Banjarnegara. (FOTO: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
Suasana objek wisata Hutan Pinus Buaran Bukit Ares Pawinihan Pekandangan, Banjarnegara. (FOTO: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Alam pegunungan di sebagian besar wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengan ternyata membawa berkah bagi penggiat wisata lokal. Potensi alam juga semakin banyak diminati wisatawan nusantara termasuk wisata Hutan Pinus Buaran.

Apalagi setelah Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo membuka kran bagi penggiat wisata untuk menggali dan mengembangan wisata sebagai alternatif peningkatan dan penguatan perekenomian rakyat jangka panjang.

Hutan Pinus Buaran 2

Menangkap sinyal tersebut, Endar Agus Triono seorang penggiat wisata asal Pekandangan Kecamatan  Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara mencoba mengembangkan potensi alam yang ada di desanya.

Endar yang juga sebagai Ketua Pokdarwis Pawinihan Lestari kembangkan Wisata Hutan Pinus Buaran atau Bukit Ares Pawinihan seluas 4 hektare ini menjadi tempat wisata produktif.

Seperti dibangun pendapa untuk ruang pertemuan (meeting room) dengan daya tampung 50 orang lebih, taman bunga atau taman selfy, out bond, arena bermain anak dan bumi perkemahan.

Endar Triono kepada TIMES Indonesia  Sabtu (26/09/2020) menyampaikan, objek wisata yang dikelolanya mengandalan udara segar dan pemandangan alam Hutan Pinus Buaran milik Perhutani.

Objek wisata di Desa Pekandangan  ini  menjadi salah satu tempat yang cocok untuk rehat dan bersantai atau berlibur bersama keluarga. Suasana di pegunungan Utara Banjarnegara ini begitu terasa.

Udara yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri apalagi didukung kawasan yang lega membuat kita enjoy. Ditempat ini juga tersedia arena bermain buat anak anak dan tempat bagus pas untuk berfoto ria atau spot selfie dan  instagrammable banget.

Hutan Pinus Buaran 3

Akses jalan yang mulus  menjadikan  Wisata Hutan Pinus Buaran gampang ditempuh dari segala arah baik dari kota Banjarnegara sendiri atau luar kota seperti daerah Pekalongan, Purbalingga dan kota besar lainnya.

Endar mengungkapkan adapun tujuan dari pengembangan Wisata Hutan Pinus Buaran tidak lain untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan bisa mengurangi pengangguran yang ada di desa serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat diwilayah Desa Pekandangan  khususnya.

Dalam pengelolaan dan pengembangan Objek Wisata Alam Pabuaran, Pokdarwis melibatkan masyarakat,  Pemerintah Desa dan Karang Taruna "Perisai Muda"

Dengan adanya keikutsertaan dan keterlibatan  semua pihak diharapkan mampu menjalin soliditas dan menumbuhkan gotong royong untuk mengembangkan potensi dan kemajuan Desa.

Diakui Endar, selama ini pembangunan wisata alam Hutan Pinus Buaran ini masih gotong royong warga masyarakat sekitar. Harapan kedepan  peran serta stake holder dapat berperan daan memberikan kemudahan akses dengan pengembang dunia pariwisata bersetara nasional bahkan internasional sehingga potensi alam yang ada di Pekandangan Kecamatam Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara bisa dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES