Peristiwa Daerah

Begini Cara Wakil Wali Kota Cirebon Kawal Protokol Kesehatan

Sabtu, 26 September 2020 - 18:10 | 34.90k
Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati. (Foto: Humas Pemkot Cirebon)
Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati. (Foto: Humas Pemkot Cirebon)

TIMESINDONESIA, CIREBONWakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Selama tiga hari berturut, Eti berkunjung di RW 1, 5, dan 8 Kelurahan Pegambiran, Kota Cirebon, Jawa Barat. Eti memberikan bingkisan dan jamu untuk meningkatkan imunitas, juga melakukan sosialisasi penerapan 3M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. Sabtu (26/9/2020).

"Untuk yang terkonfirmasi positif covid, tetap optimis, yang terpenting menguatkan mental mereka, agar lekas sehat," ujar Eti.

Eti Herawati a

Tak hanya kepada orang dewasa, Eti pun memberikan edukasi kepada anak-anak. Pasalnya, ada anak-anak dan balita yang terkonfirmasi positif di salah satu keluarga.

"Penting untuk sosialisasi 3M kepada seluruh warga, termasuk anak-anak," jelasnya.

Sementara Ketua RW 5 Pengampaan, Dedi mengatakan, kedatangan Wakil Wali Kota Cirebon menjadi motivasi tersendiri. Terutama kepada warganya yang sedang menjalani isolasi mandiri.

"Tadi bu wawali kasih semangat, bagi masker, jamu untuk meningkatkan imun juga, dan sosialisasi 3M, itu sangat bermanfaat untuk warga kita," ungkapnya.

Eti menegaskan, disiplin protokol kesehatan harus diperketat. Terutama di tingkatan RW harus ada ketegasan agar tidak ada klaster baru.

"Sosialisasi protokol kesehatan harus dilakukan berulang, jangan berhenti. Apalagi di daerah yang ada warga terkonfirmasi covid-19, jangan memaksakan untuk beraktivitas di luar rumah, nanti akan menyulitkan diri sendiri dan orang lain, malah menambah cluster baru," jelasnya.

Ketua RW 8 Kejawanan, Gunawan membenarkan bahwa ada 8 warganya yang terkonfirmasi covid-19 dari hasil swab test. Ia menyampaikan , berbagai pencegahan dan penerapan protokol kesehatan sudah dilakukan. Namun, lanjut dia, terkadang masih saja ada warga yang abai.

"Kami inginnya yang terkonfirmasi covid-19 diisolasi di BKKBN, lebih efektif daripada isolasi mandiri, karena kadang susah masih pada aktivitas dan melanggar protokol kesehatan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati memberi dukungan kepada warga yang terkonfirmasi covid-19 untuk tetap semangat dan berpikiran positif. Ia juga memberikan bingkisan, rempah untuk penambah imun, masker dan hand sanitizer kepada warga sekitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES