Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Sebaran Covid-19 dari Klaster Keluarga Mulai Hantui Kota Bandung

Sabtu, 26 September 2020 - 12:52 | 65.51k
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita. (FOTO: Humas Pemkot Bandung for TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita. (FOTO: Humas Pemkot Bandung for TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Meskipun tidak ditemukan kasus sebaran Covid-19 dari beberapa sektor yang direlaksasi namun klaster keluarga sudah masuk wilayah Kota Bandung.

Hal tersebut dibuktikan dari adanya temuan ratusan keluarga di beberapa kelurahan dinyatakan positif berdasarkan hasil tracing dari anggota keluarga yang sudah terkonfirmasi positif.

Kepala Dinas Kesehatan Rita Verita mengatakan, ada temuan 299 orang yang dinyatakan positif berdasarkan hasil tracing dari 109 kepala keluarga berdasarkan hasil swab test yang dilakukan mandiri dan dari Pemkot Bandung.

"109 kepala keluarga itu misalnya dalam satu keluarga bapaknya atau ibunya positif lalu dilacak ada anaknya (positif). Dari 109 kepala keluarga itu ada 299 anggota keluarga yang positif," ungkap Rita dalam keterangannya, Sabtu (26/9/2020).

Rita menuturkan, kebanyakan dari klaster keluarga yang dinyatakan terpapar virus Covid-19 tidak hanya diakibatkan oleh satu orang, melainkan dua orang. Sejauh ini dari ratusan yang dinyatakan positif dari klaster keluarga tersebut pun sudah melakukan isolasi secara mandiri.

"Namun ada juga beberapa pasien yang di isolasi di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung. Hampir semua perkelurahan ada, yang sembuh ada, ada anak-anak yang kena. Kondisinya baik tanpa gejala," terangnya.

Walaupun reproduksi Covid-19 di Kota Bandung naik dari angka 0,81 menjadi 1,22 namun Rita mengklaim penanganan tetap terkendali. "Masih terkendali ya," ucap Rita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES