Gaya Hidup

5 Bumbu Dapur ini Mahal Banget, Kamu Punya Yang Mana?

Sabtu, 26 September 2020 - 02:29 | 274.49k
Ilustrasi: Bumbu Dapur. (Foto: Raffapedia)
Ilustrasi: Bumbu Dapur. (Foto: Raffapedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa sangka bumbu dapur ada yang harganya selangit. Bahkan ada yang harga perkilonya lebih mahal dari sekerat berlian.

Tapi ini nyata, bumbu-bumbu dapur yang kami rangkum berikut harganya bisa buat DP mobil atau motor.

Beruntungnya kita tinggal di Indonesia. Semua harga bumbu dapur terjangkau. Namun, di luar negeri sana, kapulaga atau teh yang sebungkus cuma 500 perak di warung sayur sebelah bisa dihargai puluhan bahkan ratusan ribu rupiah. Penasaran kan?

Kami urutkan daftarnya dari yang sedang sampai yang termahal diambil dari toko online lokal dan international.

5. Jinten Hitam

Dalam bahasa Arab jintan hitam dikenal dengan nama habbatussauda. Bumbu dapur ini selain dipakai memasak kerap kali dicampurkan kedalam minuman sebagai obat. Di Indonesia jinten hitam hanya sekitar 200-300 ribu per kilonya, namun di luar negeri, si hitam manis ini dihargai 700 ribu perkilonya.

4. Kayu Manis

Kayu manis yang mengeluarkan aroma harum ketika dicampurkan masakan. Bumbu dapur ini juga mantap jika ditambahkan saat membuat sirup gula. Beberapa orang bahkan membuatnya menjadi wedang atau minuman. Di Indonesia kayu manis dijual sekitar 200 ribu perkilo. Namun di luar ngegri harganya sebelas dua belas denngan jinten hitm yakni 700 ribu perkilonya.

3. Kapulaga

Saat memasak gulai atau kari pasti anda akan menemukan kapulaga mengambang di kuahnya. Nah bumbu ini juga mantap dijadikan obat pilek traditional karena mempunyai sensasi panas, pedas dan segar. Di Indonesia kapulaga djiual 300 ribu per kilonya. Dan di luar negeri anda bisa memperolehnya denga harga 900 per kilonya.

2. Vanila

Yang sering buat kue pasti tak asing dengan bahan ini. Baunya yang harum membuat rasa kue semakin nendang. Sama halnya di luar negeri, harga vanilla asli (bukan essence atau vanilla buatan) dengan kualitas grade A dari Madagascar di Indonesia dipatok mencapai 7 juta rupiah per kilonya. Sedang diluar negeri dengan kualitas yang sama bisa mencapai 10 juta perkilonya.

1. Saffron

Nah, ini bumbu dapur termahal di dunia. Baunya yang harum dan rasanya yang manis tak membuat orang bergeming untuk membelinya. Kenapa harga saffron bisa sangat mahal ? Hal ini dikarenakan sulit untuk mendapatkannya.

Untuk mendapat 1 ons saffron dibutuhkan 1000 bunga, dan 1 bunga hanya memproduksi 3 benang saffron, ditambah bunganya hanya mekar selama satu minggu setiap tahunnya dan harus dipanen ketika masih pagi. Harga perkilonya bisa mencapai 80 juta. Mahal banget!. Nah loh, bumbu dapur yang satu ini bisa buat DP mobil kan?

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES