Peristiwa Nasional

Mendikbud RI Minta Sekolah dan Universitas Serius Jalankan Kuota Internet Gratis

Jumat, 25 September 2020 - 17:24 | 37.79k
Mendikbud RI Nadiem Makarim. (FOTO: Wikipedia)
Mendikbud RI Nadiem Makarim. (FOTO: Wikipedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMendikbud RI Nadiem Makarim mengatakan bahwa pihaknya memastikan pemberian Kuota Internet gratis ini akan berjalan tepat sasaran. Namun hal itu kata dia apabila satuan kepala sekolah dan kepala universitas mempertanggungjawabkannya dengan baik.

Oleh karena itu dalam mensukseskan tersebut, Nadiem meminta semua pihak lembaga sekolah maupun universitas, turut serius untuk menjalankan agenda kuota internet gratis tersebut.

"Ini kami akan cek aktif atau tidak, agar tidak ada penggandaan juga, satu nomor hp saja, kita juga gandeng dari pihak operator untuk melakukan verifikasi dan validasi, agar tepat sasraan," katanya dalam Peresmian Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, Jumat (25/9/2020).

Bila ada kendala, lanjut dia, maka peserta didik maupun tenaga pendidik bisa melaporkannya kepada pihak operator maupun Kemendikbud RI langsung. "Pastinya akan kami tanggapi dan tindak, kalau ada isu-isu yang tidak baik terkait masalah program kuota gratis ini," katanya.

Sebelumnya, Nadiem juga telah menegaskan, bahwa pemberian kuota internet gratis tidak hanya untuk sekolah atau perguruan tinggi negeri saja. Melainkan juga lembaga swasta nanti bakal mendapatkan.

"Ini bantuan kuota gratis untuk semua peserta didik dan tenaga pendidik, baik siswa, mahasiswa, guru, dan dosen yang ada di negeri maupun swasta," ujarnya.

Akan tetapi pemberian kuota untuk negeri dan swasta tersebut itu kata dia, asalkan kepala sekolah maupun kepala satuan universitas mendaftarkan nomor smartphone peserta didiknya ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan PDDikti.

"Untuk menerima bantuan operasional sekolah (BOS) juga lewat Dapodik, jadi lewat sana. tidak ada permbedaan antara swasta dan negeri, asalkan terdaftar dan nomor ponselnya aktif serta akurat," pungkas Mendikbud RI Nadiem Makarim soal Kuota Internet gratis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES