Peristiwa Daerah

PMII Situbondo Desak DPRD Sahkan Perubahan APBD TA 2020

Jumat, 25 September 2020 - 15:31 | 43.13k
Faizul Mubarak, Ketua PMII PC Situbondo (Foto: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia)
Faizul Mubarak, Ketua PMII PC Situbondo (Foto: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Situbondo (PMII Situbondo) mendesak DPRD untuk mengesahkan proses penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 (Perubahan APBD TA 2020) di Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Jumat (25/9/2020).

Faizul Mubarak Ketua Cabang PMII Situbondo menilai, polemik tidak selesainya pembahasan perubahan APBD tahun 2020 oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo bersama DPRD bagi kami ini sangat pemprihatinkan, mengingat kondisi yang dihadapi oleh seluruh masyarakat Situbondo cukup berat akibat Pandemi Covid-19.

Kondisi yang mengakibatkan menurunnya pertumbuhan ekonomi masyarakat ini secara tidak langsung menuntut Pemerintah Situbondo beserta DPRD untuk proaktif dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi. Salah satu bentuk peran strategis Pemerintah dan DPRD dalam menyelesaikan persoalan diatas ialah dengan mempercepat penetapan Perubahan APBD tahun 2020

Faizul mengungkapkan, Perubahan APBD Tahun 2020 harus segera disahkan karena menyangkut keberlanjutan pembangunan perekonomian masyarakat situbondo secara umum.

"Perubahan APBD Tahun 2020 merupakan harapan besar masyarakat situbondo untuk pemulihan ekonomi yang sedang dampak pandemi Covid-19," jelasnya.

Selain itu, informasi yang diperoleh PMII Situbondo, bahwa pembahasan Perubahan APBD baru sampai KUA PPAS. Tinggal draf lalu pengesahan, namun sampai saat ini pembahasan pengesahan Perubahan APBD masih dinilai lambat.

"Kami patut curiga apakah peta koalisi Pilkada di perlemen 4 fraksi menolak pengesaha Perubahan APBD dari 6 fraksi, apakah hal ini akan mengurbankan masyarakat dengen tidak menetapkan Perubahan APBD Tahun 2020," ujarnya

Lebih lanjut Faiz menjelaskan, Perubahan APBD merupakan harapan besar guru PAUD, TK, honor tenaga kebersihan yang sampai hari ini sedang menunggu kebijakan pemerintah. Belum lagi anggaran untuk pengamanan Pilkada yang hari ini sudah masuk tahapan Pilkada Serentak 2020.

PMII Situbondo berharap, Pemerintah Kabupaten Situbondo bersama DPRD agar segera menyelesaikan keterlambatan penetapan Perubahan APBD TA 2020 sebagai bentuk peran strategis Pemerintah dan DPRD dalam menentukan solusi atas menurunnya perekonomian masyarakat guna menjaga agar roda perekonomian Kabupaten Situbondo.

Selain itu Faiz juga menyampaikan, jika penetapan Perubahan APBD TA 2020 tidak segera ditetapkan atau disahkan maka, PMII Situbondo akan melakukan aksi turun jalan untuk menjawab kebuntuan baik di eksetutif maupun di legislatif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES