Ekonomi

Dorong Ketahanan Pangan, Wali Kota Pagaralam Tebar Benih Ikan

Jumat, 25 September 2020 - 14:39 | 30.55k
Wali Kota tebar benih ikan bantuan Kementrian.  (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)
Wali Kota tebar benih ikan bantuan Kementrian. (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Dorong ketahanan pangan dan menjaga habitat ekosistem air tebat yang tersebar di sejumlah wilayah Kota Pagaralam, Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni SH menebar benih ikan sekaligus menyerahkan bantuan pakan dan peralatan ikan kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan).

Penyerahan secara simbolis bantuan kegiatan pembinaan dan pengembangan produksi perikanan ini dilakukan langsung Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni, dihadiri para Asisten, Kepala OPD dilingkungan Pemkot Pagaralam serta para kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan), bertempat di halaman SDN 33 Pematang Bango Kelurahan Curup Jare Kecamatan Pagaralam Utara, Jumat (25/9/2020).

“Bantuan benih ikan yang diberikan gratis merupakan program stimulan Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam, tersebar di wilayah Kota Pagaralam, selain itu juga diberikan bantuan sarana dan prasarana percontohan usaha perikanan budidaya serta sertifikat cara budidaya ikan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan,” terangnya.

Bantuan benih ikan menjadi prioritas dalam rangka mengurangi stunting kondisi kurang gizi. Maka dari itu pembudidayaan ikan menjadi salah satu prioritas kita supaya mengurangi ketergantungan dengan daerah lain, sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi ikan sendiri.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam Hj Zaitun menyampaikan, selain bantuan benih ikan dari Pemerintah Kota Pagaralam untuk tebat tebat serame masyarakat, kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kota Pagaralam juga menerima bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan.

Bantuan itu berupa serifikat cara pembudidaya ikan kepada Pokdakan Sampurna dan Pokdakan Sepakat, kemudian pemberian benih ikan dan pakan ikan kepada Pokdakan Sepakat, Pokdakan Cipta Karya dan Pokdakan Kance Gale.

Untuk bantuan sarana dan prasarana percontohan usaha perikanan budidaya sistem Bioflok diserahkan kepada Pondok Pesantren Darul Muttaqien.

Perwakilan kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kota Pagaralam, Mison mengucapkan, terima kasih kepada Wali Kota Pagaralam atas bantuan benih ikan sekaligus penyerahan sarana dan prasarana budidaya perikanan upaya pembinaan dan untuk pengembangan produksi perikanan di Kota Pagaralam. “Mewakili seluruh anggota kami mengucapkan terima kasih, semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi kami dan masyarakat lainnya,” ucapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES