Pendidikan New Normal Life 2020

Nadiem Makarim: Lembaga Negeri dan Swasta Bakal Dapat Kuota Internet Gratis

Jumat, 25 September 2020 - 14:33 | 36.22k
Mendikbud RI Nadiem Makarim. (FOTO: Warta Ekonomi)
Mendikbud RI Nadiem Makarim. (FOTO: Warta Ekonomi)
FOKUS

New Normal Life 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam menyamaratakan hak pendidikan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud RI) Nadiem Makarim menegaskan, bahwa pemberian kuota internet gratis tidak hanya untuk sekolah atau perguruan tinggi negeri saja, lembaga swasta bakal mendapatkan juga.

"Ini bantuan kuota gratis untuk semua peserta didik dan tenaga pendidik, baik siswa, mahasiswa, guru, dan dosen yang ada di negeri maupun swasta," katanya dalam Peresmian Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, Jumat (25/9/2020).

Namun, pemberian kuota untuk negeri dan swasta tersebut itu kata dia, asalkan kepala sekolah maupun kepala satuan universitas mendaftarkan nomor smartphone peserta didiknya ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan PDDikti.

"Untuk menerima bantuan operasional sekolah (BOS) juga lewat Dapodik, jadi lewat sana. tidak ada permbedaan antara swasta dan negeri, asalkan terdaftar dan nomor ponselnya aktif serta akurat," ujarnya.

Kemendikbud RI juga mengatakan, peserta bakal menerima dua tipe kuota pada bantuan ini. Pertama, kuota umum dan kedua yakni kuota belajar. Untuk kuota belajar hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang tercantum pada Situs Bantuan Kuota Data Internet 2020.

Siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) bakal mendapat 20 gigabyte kuota, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 15 gigabyte kuota belajar. Siswa jenjang dasar dan menengah bakal mendapat 35 gigabyte kuota, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 30 gigabyte kuota belajar.

Untuk guru, imbuh Nadiem Makarim bakal mendapat 42 gigabyte kuota internet gratis, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 37 gigabyte kuota belajar. Mahasiswa dan dosen bakal mendapat 50 gigabyte kuota, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 45 gigabyte kuota belajar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES