Peristiwa Nasional

Lebih Enak Kepemimpinan Presiden SBY Apa Presiden Jokowi? Ini Jawaban Jusuf Kalla

Jumat, 25 September 2020 - 12:59 | 52.22k
Mantan Wakil Presiden RI (Wapres) Jusuf Kallah, SBY dan Presiden RI Jokowi (FOTO: Indeks News)
Mantan Wakil Presiden RI (Wapres) Jusuf Kallah, SBY dan Presiden RI Jokowi (FOTO: Indeks News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mantan Wakil Presiden RI (Wapres) Jusuf Kallah (JK) membandingkan dua gaya kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan gaya kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang saat ini masih memimpin.

Menurut JK, selama menjadi wakil dua Presiden tersebut keduanya memiliki berpedaan yang mencolok dan sangat khas. Gaya kepemimpinan SBY menurut JK, yakni mengambil keputusan dengan tidak bertele-tele atau sangat cepat dan ringkas. Tanpa harus dirembukkan dengan semua kabinet.

Sedangkan untuk gaya kepemimpinan Presiden Jokowi yakni semua keputusan dibicarakan dan diputuskan bersama-sama. Oleh karena itu, setiap akan mengambil kebijakan, maka Presiden Jokowi akan merapatkan hal tersebut dengan bersama kabinetnya.

“Pak kalau memilih Pak. Bapak dua kali menjadi Wakil Presiden. Bapak lebih enak di zaman Pak SBY apa Pak Jokowi?” Tanya Helmy Yahya, seperti yang dikutip dalam Chanel YouTube Helmy Yahya Bicara, Jumat (25/9/2020).

“Iya samalah. Cuma beda kepemimpinannya. Gayanya beda. Kalau zamannya Pak SBY semua masalah ekonomi diserahkan kepada saya. Kalau zamannya Pak Jokowi semua soal di rapatkan. Jadi rapatnya satu minggu empat sampai lima kali,” ujar JK.

“Seneng rapat Pak Jokowi?” tanya Hilmy Yahya lagi.

“Ya begitu gayanya (kepemimpinan) keputusan diambil bersama. Kalau zaman Pak SBY lebih ringkas, lebih cepat mengambil keputusan,” jawab JK.

Seperti yang diketahui, Jusuf Kalla pernah menjabat dua kali Wapres RI. Pertama menjadi Wapres Presiden SBY, yaitu menjabat dari tahun 2004 hingga 2009. Yang ke dua menjadi Wapres Presiden Jokowi menjabat dari tahun 2014 hingga 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES