Pendidikan

14 Sekolah di Surabaya Lolos Penilaian Adiwiyata 2020

Jumat, 25 September 2020 - 12:38 | 69.05k
Potret kebersihan sekolah. (foto: dok. Humas Pemkot Surabaya)
Potret kebersihan sekolah. (foto: dok. Humas Pemkot Surabaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sebanyak 14 lembaga pendidikan di Surabaya dinyatakan lolos dalam penilaian Sekolah Adiwiyata Kota Sutabaya 2020. 14 Sekolah tersebut terdiri dari 10 jenjang Sekolah Dasar (SD) dan 4 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Penilaian ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor: P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019. Selain itu, 14 sekolah ini telah melalui tahapan verifikasi administrasi dan penilaian yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya.

Kepala DLH Kota Surabaya, Eko Agus Supiadi mengatakan, meski di tengah pandemi Covid-19 yang tentunya ada perbedaan dari tahun sebelumnya pada proses penilaiannya, hal tersebut tidak menjadi kendala pada proses pelaksanaan program Sekolah Adiwiyata Kota 2020.

sekolah adiwiyata b

"Pakai virtual jadi dibatasi, kalau dulu tim penilaian itu datang dan ada penyambutan. Kalau sekarang tidak," ungkap Agus, Jumat (25/9/2020).

Lanjutnya, selama ini pendampingan dan pengawasan terhadap Calon Sekolah Adiwiyata di Surabaya tetap berjalan. Meskipun dalam pelaksanaan tahun ini bersifat terbatas dengan meminimalisir setiap kegiatan tatap muka.

"Jadi dokumen administrasi itu dikirim lewat daring dari sekolan Calon Sekolah Adiwiyata yang diusulkan," jelas Agus.

sekolah adiwiyata c

Bagi Calon Sekolah Adiwiyata yang dinyatakan lolos di tingkat kota, nantinya akan diusulkan ke jenjang Provinsi. Tentunya, lembaga pendidikan yang diusulkan itu telag dianggap layak memenuhi beberapa aspek penilaian yang ditentukan.

"Nanti yang lolos (tingkat kota) Sekolah Adiwiyata diusulkan ke tingkat provinsi. Biasanya kalau di provinsi itu tunggu satu tahun dulu dia bina sekolah kemudian di tahun berikutnya diusulkan ke tingkat nasional," terang Agus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES