Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Traffic Bisnis Mahasiswa

Jumat, 25 September 2020 - 08:33 | 68.16k
Siti Saroh, Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Islam Malang (UNISMA).
Siti Saroh, Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Islam Malang (UNISMA).
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Peran Mahasiswa sebagai Agent of Change teruji di masa kondisi pandemi virus covid 19 sekarang ini. Covid-19 membawa persoalan bagi Mahasiswa seperti mengubah kebiasaan pembelajaran tatap muka beralih menjadi kuliah daring. Perkuliahan daring atau online adalah perkuliahan berbasis internet sebagai fasilitas belajar dari rumah yang  merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk membatasi jarak antar individu (social distancing) sehingga dapat menekan penyebaran covid-19. Masalah mengemuka yang timbul akibat perkuliahan daring tersebut diantaranya kendala koneksi internet dan cukup menguras kuota internet.

Selain perubahan pola pembelajaran, terdapat fenomena lain yang muncul akibat kondisi Covid-19 yaitu traffic bisnis Mahasiswa. Salah satu Mahasiswa semester V bernama Nisrina dari  jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Islam Malang mengatakan lalu lalang (traffic) bisnis Mahasiswa sangat dinamis. Saya memasuki dunia bisnis sekitar 3 tahun yang lalu ketika lulus SMA. Bermula bekerja  sebagai pramuniaga di sebuah toko baju, dari situlah saya mendapat pengalaman dan pengetahuan tentang perilaku pembeli. Melihat ada peluang menjual baju sendiri apabila datang produk baru ditoko, dengan seizin pemilik toko, selanjutnya baju saya tawarkan melalui media social, alhamdulilah mendatangkan penghasilan. Semasa pandemi ini sudah tidak bekerja ditoko, maka saya mencoba lebih memfokuskan penjualan online dengan memperluas jalinan kerjasama dengan toko-toko baju lainya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Strategi adaptive sangat dibutuhkan untuk menghadapi perubahan lingkungan yang mempengaruhi aktivitas bisnis. Strategi adaptive juga dilakukan oleh teman-teman seangkatan Nisrina yang memiliki bisnis. Model bisnis yang diterapkan menyesuaikan dengan bisnis masing-masing. Misalnya menerapkan  strategi mengalihkan model bisnis dengan memanfaatkan digitalisasi, dari aktivitas bisnis offline yang mulai sepi pembeli mengalihkan menjadi online atau Offline to Online (O2O), bagi pembeli yang tetap ada berusaha mengoptimalkan layanan model bisnis O2O, terdapat juga mahasiswa menerapkan model bisnis yang menghubungkan langsung dengan online shop atau marketplace. Selain itu ada pula yang dulunya menawarkan jasa driver online karena semakin sepi orderan maka beralih pada bisnis barang. Dampak pandemi covid-19 ini secara signifikan meningkatkan jumlah Mahasiswa yang aktif berbisnis, kalau diprosentasekan dari 40% mahasiswa meningkat menjadi 75%. Keputusan menjalankan dan mengembangkan bisnis ini tentunya bertujuan untuk mempertahankan eksistensi dari operasional bisnisnya karena mau tidak mau harus membantu keuangan orang tua yang semakin ke kini semakin mengalami penurunan pendapatan.

Tantangan dalam menghadapi dampak pandemi yang dirasakan, mendorong mahasiswa bertekat untuk berfikir kreatif serta harus berani beradaptasi. Mahasiswa sebagai agen pembawa perubahan diharapkan dapat memberikan contoh dalam mencari alternative solusi baik permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat disekitarnya maupun masalahnya sendiri. Sebelum menawarkan perubahan pada masyarakat terlebih dulu mahasiswa harus mampu merubah dirinya sebagi seorang intelektual yang mandiri dan produktif serta cenderung berusaha peningkatan nilai bisnisnya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Siti Saroh, Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Islam Malang (UNISMA).

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES