Politik Pilkada Serentak 2020

Mengaku Wakil 25 PAC Gerindra Banyuwangi, Puluhan Massa Dukung Yusuf-Gus Riza

Kamis, 24 September 2020 - 16:55 | 71.32k
Massa Tim Garuda, yang mengaku sebagai perwakilan 25 PAC Gerindra se Banyuwangi, deklarasi mendukung pasangan Yusuf – Gus Riza. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)
Massa Tim Garuda, yang mengaku sebagai perwakilan 25 PAC Gerindra se Banyuwangi, deklarasi mendukung pasangan Yusuf – Gus Riza. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Puluhan massa yang menamakan diri Tim Garuda menggelar deklarasi mendukung pasangan Cabup Cawabup Banyuwangi, Yusuf-Gus Riza. Mereka mengaku sebagai perwakilan pengurus 25 PAC DPC Partai Gerindra se Kabupaten Banyuwangi.

"Kami bertekad bulat memenangkan Yusuf – Gus Riza, hidup Yuris," teriak massa kompak, Kamis (24/9/2020).

Fenomena ini menimbulkan tanda tanya besar di kalangan masyarakat. Mengingat dalam kontestasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Banyuwangi, Gerindra merekomendasi pasangan Ipuk Fiestiandani – H Sugirah. Alias bukan untuk duet Yusuf – Gus Riza.

Perwakilan massa, Achmad Ali Waffa, SH I menjelaskan, deklarasi yang dilakukan Tim Garuda ini adalah klimaks kekecewaan kader dan simpatisan Gerindra. Keputusan mendukung pasangan Ipuk-Sugirah, dianggap sebagai keputusan sepihak dan tercetus tanpa melalui penjaringan aspirasi jajaran kader dan pengurus PAC se Banyuwangi.

"Kita sudah pernah seperti ini. Kita ingin ada jaring aspirasi dari bawah sebelum menentukan arah dukungan," katanya.

Ditegaskan, sikap berbelok arah dukungan sengaja dilakukan lantaran keinginan simpatisan dan kader Gerindra Banyuwangi, berharap partai mengusung Yusuf – Gus Riza. Yang dianggap bisa berkomunikasi langsung dengan masyarakat bawah.

Terkait imbas dari gerakan, masih kata Waffa, sapaan akrab Achmad Ali Waffa, seluruh pengurus PAC Gerindra yang tergabung dalam Tim Garuda mengaku siap mendapat konsekuensi dari partai.

"Kami semua siap karena apa yang kita lakukan justru memperhitungkan target pemenangan tahun 2024. Periode ini kan dekat, hanya 3 tahun saja, saat kader dan konstituen Gerindra ke Yusuf – Gus Riza dan partai mendukung Ipuk Fiestiandani – H Sugirah, konstituen bisa habis semua," ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua PDC Gerindra Banyuwangi, H Naufal Badri menanggapi santai. Menurutnya, massa Tim Garuda bukan berasal dari pengurus 25 PAC Gerindra. "Mereka belum jadi pengurus," katanya.

Dia memastikan, pernyataan bahwa kelompok berbelok arah dukungan ini berasal dari pengurus 25 PAC Gerindra se Banyuwangi, hanya klaim semata.

Namun yang benar, kata Naufal, massa Tim Garuda adalah sekawanan masyarakat yang ingin masuk dalam kepengurusan PAC Partai Gerindra di Kabupaten Banyuwangi. "Mereka ingin masuk, tapi belum ada persetujuan," ujar Naufal gamblang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES