Politik Pilkada Serentak 2020

KPU Jatim: Metode Rapat Umum dalam Kampanye Pilkada 2020 Ditiadakan

Kamis, 24 September 2020 - 14:42 | 55.56k
Lounching Dan Pengundian Nomor Untuk Pasangan Calon (Paslon) Cabup-Cawabup Tuban 2020 Oleh KPUD Tuban Dan Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro (24/09/2020) (Ahmad Istihar/TIMES Indonesia) 
Lounching Dan Pengundian Nomor Untuk Pasangan Calon (Paslon) Cabup-Cawabup Tuban 2020 Oleh KPUD Tuban Dan Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro (24/09/2020) (Ahmad Istihar/TIMES Indonesia) 
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, TUBAN – Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menegaskan bahwa sesuai dengan peraturan baru yang telah terbit KPU RI, kegiatan rapat umum dengan pengerahan massa ditiadakan.

Dia meminta seluruh peserta pemilu atau pasangan calon mematuhi peraturan tersebut.

"Karena ini bentuk komitmen KPU agar kegiatan kampanye dalam bentuk metode rapat umum dengan mendatangkan massa, benar-benar dihindarkan sebagai upaya kepatuhan dan pencegahan covid-19," ucap Gogot saat menghadiri launching dan pengundian nomor urut cabup-cawabup oleh KPU Tuban, Kamis (24/09/2020).

Pilbup Tuban a

Dalam PKPU nomor 13 /2020 disebutkan, pasal 88 haruf C poin (1) Partai Politik atau gabungan partai politik, pasangan calon, tim kampanye, dan/atau pihak lain dilarang melaksanakan kegiatan lain sebagaimana dimaksud Pasal 57 huruf g dalam bentuk:a. rapat umum; b. kegiatan kebudayaan berupa pentas seni, panen raya, dan/atau konser musik; c. kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai, dan/atau sepeda santai; d. perlombaan; e. kegiatan sosial berupa bazar dan/atau donor darah; dan/atau f. peringatan hari ulang tahun Partai Politik.

Sementara Ketua KPUD Tuban, Fatkhul Iksan mengatakan pelaksanaan pengundian nomor urut paslon telah dilaksanakan sesuai mekanisme aturan. Tiga paslon yang menjadi peserta pemilu mendapatkan nomor urut yang menjadi dasar cetak alat peraga kampanye (APK) untuk masing-masing pasangan. 

"Setelah 3 hari ditetapkan KPUD, selanjutnya masuk tahapan kampanye. Di mana kampanye telah diatur metode rapat umum telah didiadakan atau dihapus. Hanya pertemuan rapat terbatas dengan jumlah peserta 50 orang," tegasnya 

Sementara untuk pengundian nomor urut paslon telah ditetapkan KPU Tuban, paslon Khozanah Hidayati-Mohammad Anwar (Aman) di nomor urut 1. Sementara paslon Aditya Halindra Faridzky (Dadi) mendapat nomor 2 dan Paslon Setiajit - Armaya Mangkunegara (Setia-Negara) mendapat nomor 3.

Usai menghadiri acara pengundian nomor urut cabup-cawabup oleh KPU Tuban, Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro meminta agar penyelenggaraan Pilbup Tuban mengikuti aturan protokol kesehatan dengan ketat  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES