Pemerintahan

Hari Tani Nasional, Mentan RI Syahrul: Petani Pahlawan Perekonomian

Kamis, 24 September 2020 - 13:01 | 30.62k
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo. (FOTO: Kementan)
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo. (FOTO: Kementan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo menghadiri peringatan Hari Tani Nasional di halaman Pusat Informasi Agribisnis, Kantor Pusat Kementan, Kamis (24/9/2020). 

Dalam arahannya, Syahrul mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat kerjasama dan kolaborasi dalam memajukan sektor pertanian ke depan.

Pertanian, kata Syahrul, merupakan sektor startegis yang mengedepankan kepentingan bersama dalam pilar berbangsa dan bernegara.

"Bertepatan dengan Hari Tani Nasional ini saya mengajak para pelaku pembangunan pertanian untuk bekerjasama mengatasi persoalan pertanian," ujarnya.

"Kita harus bahu membahu memajukan sektor pertanian karena ini bukan hanya tugas Kementan saja, melainkan tugas semua orang," imbuhnya.

Sebagai informasi, Hari Tani Nasional diperingati setiap tanggal 24 September. Tahun ini, peringatan HTN mengangkat tema "Pertanian Andalan Nasional Di Tengah Pandemi Covid 19".

Menurutnya, peringatan ini harusnya menjadi momentum konsolidasi emosional bagi jajaran pemerintah yang bekerja di bidang pertanian. Sektor pertanian, harus lebih baik dan menjadi sektor andalan nasional.

"Kemajuan sebuah daerah bahkan kemajuan nasional sangat ditentukan seperti apa akselerasi pertanian yang kita optimalkan. Makin kuat pertanian kita, maka makin kuat juga kehidupan bangsa dan negara kita," katanya.

Sejauh ini, kata Mentan, sektor pertanian sudah membuktikan keandalannya sebagai penopang perekonomian bangsa Indonesia. produktivitas pertanian Indonesia nyatanta mampu tumbuh dari 5 sektor penyumbang ekonomi nasional lainnya di saat ekonomi Indonesia mengalami kontraksi 5,3 persen.

Seperti diketahui, Pertanian menjadi satu-satunya sektor yang mengalami pertumbuhan 2,19 persen pada Agustus 2020. 

Nilai tukar petani mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 100,65 atau naik 0,56 persen (m to m), kenaikan juga terjadi pada nilai tukar usaha petani atau n poop Agustus 2020 sebesar 184 atau naik 0,31 persen.

"Petani menjadi pahlawan yang menjaga perekonomian Indonesia. Terima kasih kepada para petani, karena petani adalah pahlawan penyelamat kehidupan bangsa," kata Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo di peringatan Hari Tani Nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES