Peristiwa Daerah

Museum Bubakan Kota Semarang Siap Diresmikan di Bulan Desember

Kamis, 24 September 2020 - 12:31 | 160.09k
Progres pembangunan museum Bubakan Kota Semarang. (FOTO: Pemkot Semarang)
Progres pembangunan museum Bubakan Kota Semarang. (FOTO: Pemkot Semarang)

TIMESINDONESIA, SEMARANGWali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengaku puas dengan progres pembangunan Museum Bubakan. Hal ini dikatakannya saat meninjau langsung ke lokasi bekas taman bundaran Bubakan, Kamis (24/9/2020) pagi.

Pembangunan Museum Bubakan telah mencapai 80 persen.Jika sesuai jadwal, bangunan yang menjadi landmark baru Kota Semarang, Jawa Tengah tersebut akan siap diresmikan ke publik pada 15 Desember 2020 mendatang.

Wali kota yang akrab disapa Hendi tersebut mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Pusat yang telah membantu pembangunan tersebut. Bantuan itu sendiri diberikan untuk merevitalisasi kawasan Kota Lama dari stasiun Tawang hingha bundaran Bubakan.

“Ini adalah bantuan dari (pemerintah) pusat untuk mempercantik Kota Lama, mulai dari rumah pompa Berok, kemudian polder (Tawang), lalu di sini ada kolam keceh yang bisa dipakai anak-anak, ada juga museum, dan ada gardu pandang di atasnya,” kata Hendi.

Untuk museumnya, Hendi mengatakan, Dinas Pariwisata Kota Semarang sudah mengalokasikan anggaran di tahun 2021 untuk mengisi ruangan dalam museum.

“Semua pengerjaannya konstruksinya halus dan tinggal penyelesaian di beberapa bagian saja, mudah-mudahan Desember selesai. Semoga dengan adanya ini bisa mempercantik kota, menghilangkan kekumuhan, meningkatkan pariwisata, dan mengangkat perekonomian,” katanya.

Team leader manajemen konstruksi PT Brantas Abipraya, Sonny Cahyo Bawono, selaku konsultan pembangunan kawasan Kota Lama Semarang mengatakan kalau pembangunan Museum Bubakan tersebut didesain sebagai ruang terbuka publik.

“Konsep Museum Bubakan didesain secara virtual, menggambarkan sejarah kota. Ini nanti akan memamerkan peninggalan-peninggalan Kota Semarang. Pembangunan tempat ini merupakan pengerjaan tahap II dari keseluruhan pembangunan Kota Lama yang telah rampung 75 persen, dan targetnya semua bisa selesai dan dilaunching pada 15 Desember,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES