Pemerintahan

Menaker RI: Penyaluran Subsidi Upah Tahap IV Sudah Dicairkan

Kamis, 24 September 2020 - 11:41 | 19.71k
Menaker Ida Fauziyah saat menjadi narasumber pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan UIN Sunan Ampel, Surabaya melalui Video Conference, Rabu (23/9). (FOTO: Instagram Kemnaker)
Menaker Ida Fauziyah saat menjadi narasumber pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan UIN Sunan Ampel, Surabaya melalui Video Conference, Rabu (23/9). (FOTO: Instagram Kemnaker)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker RI) Ida Fauziyah memastikan penyaluran subsidi upah atau gaji tahap IV telah dicairkan bagi pekerja dan buruh yang berhak menerima sesuai kriteria Permenaker nomor 14 Tahun 2020.

"Alhamdulillah, proses cek kelengkapan data sudah selesai. Dari 2,8 juta data calon penerima tahap IV, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Sisanya sekitar 150 ribu kami kembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi datanya. Hal ini kami lakukan agar betul-betul penerima subsidi upah dan gaji tepat sasaran," ucap Menaker Ida, Kamis (24/9/2020).

Ida menjelaskan, setelah diproses ke KPPN, selanjutnya KPPN akan mencairkan dana subsidi gaji ke Bank Penyalur. Setelah itu, bank Penyalur akan segera transfer ke rekening penerima baik itu bank Himbara maupun bank swasta lainnya.

Menaker pun menyampaikan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Bank Himbara selaku Bank Penyalur untuk mempercepat proses transfer.

"Kita berharap penyaluran tahap IV ini terus berjalan dengan lancar seperti tahap I,II dan III, sehingga target penyaluran pembayaran tahap pertama bantuan subsidi upah/gaji bisa tercapai," tuturnya.

Berdasarkan data Kemenaker per 22 September 2020, realisasi penyaluran subsidi gaji tahap I telah mencapai 2.484.429 orang atau 99,38 persen dari total penerima tahap I sebanyak 2.5 juta orang.

Kemudian untuk tahap II, penyalurannya telah mencapai 2.980.913 orang atau 99,36 persen dari total penerima tahap II sebanyak 3 juta orang.

Sedangkan untuk tahap III telah mencapai 3.356.866 orang atau 95 persen dari total 3.5 juta orang. Total Tahap I,II dan III sebanyak 8.822.208 penerima atau 98,02 persen dari 9 juta orang.

Menaker RI juga menjelaskan pihaknya telah menyediakan layanan pengaduan terkait penyaluran bantuan subsidi upah/gaji melalui laman https://bantuan.kemnaker.go.id. Para pekerja/buruh bisa memanfaatkannya untuk bertanya, mencari informasi ataupun mengadukan permasalahan terkait bantuan subsidi upah atau gaji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES