Peristiwa Daerah

Pramuka Karanganyar Bekali Diri dengan Ilmu Jurnalistik dan Kewirausahaan

Rabu, 23 September 2020 - 21:51 | 34.94k
Puluhan anggota Pramuka Penegak mengikuti pelatihan jurnalistik dan kewirausahaan di Aula Kantor Kwarcab Pramuka Kabupaten Karanganyar, Rabu (23/9/2020). (FOTO: DKC Kwarcab Karanganyar for TIMES Indonesia)
Puluhan anggota Pramuka Penegak mengikuti pelatihan jurnalistik dan kewirausahaan di Aula Kantor Kwarcab Pramuka Kabupaten Karanganyar, Rabu (23/9/2020). (FOTO: DKC Kwarcab Karanganyar for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KARANGANYAR – Pandemi covid-19 tak menyurutkan Gerakan Pramuka untuk menggelar sejumlah kegiatan. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, DKC Kwarcab Gerakan Pramuka Karanganyar Rabu (23/9/2020) di aula kantor setempat mengadakan pelatihan jurnalistik dan kewirausahaan bagi anggota Pramuka penegak se-Kabupaten Karanganyar.

Ketua DKC Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar, Dewi Praja menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian dari agenda sebelumnya. Yakni festival seni dan budaya. Meliputi lomba geguritan, lomba essay kebudayaan, lomba desain maskot pramuka, lomba membuat komik. Juga lomba membuat wayang yang dilakukan di pangkalan dan penilaian diadakan di kwarcab.

pelatihan-jurnalistik-dan-kewirausahaan-2.jpg

"Selanjutnya pada hari ini, bersamaan dengan pelatihan jurnalistik dan pelatihan kewirausahaan dilaksanakan pengumuman hasil kejuaraan kegiatan festival seni dan budaya. Juara 1, 2 dan 3 masing masing item perlombaan memperoleh trofi dan piagam kejuaraan," jelas Dewi Praja.

Menurutnya, kegiatan pelatihan ini diikuti peserta dari sejumlah pangkalan. Di antaranya perwakilan dewan ambalan dan dewan kerja ranting (DKR). Dua materi ini dipandang perlu dan penting untuk diketahui para anggota Pramuka Penegak.

"Materi jurnalistik dan kewirausahaan jelas sangat penting bagi kalangan anggota Pramuka Penegak. Karenanya kami memandang penting untuk diadakan pelatihan," ungkap Dewi Praja.

Dia menambahkan, materi pelatihan jurnalistik terbagi menjadi dua subtema. Yakni penulisan berita serta fotografi dan videografi. Adapun penulisan berita menghadirkan narasumber General Manager TIMES Indonesia Regional Soloraya, Muhamad Shidiq.

Kemudian materi fotografi dan videografi disampaikan Teguh dari Semarang. Materi kedua kewirausahaan juga dibagi menjadi dua subtema. Yakni orientasi kewirausahaan disampaikan Riki dan peluang usaha dengan narasumber Heri.

"Kami berharap melalui pelatihan ini mampu membekali peserta untuk bisa lebih dini menyiapkan diri menjadi pribadi-pribadi tangguh," tutur Dewi Praja Ketua DKC Kwarcab Gerakan Pramuka Karanganyar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES