Pemerintahan

Permudah Layanan Adminduk, Pemkab Bantul Buka Mesin ADM

Rabu, 23 September 2020 - 21:26 | 35.32k
Bupati Bantul Suharsono saat membuka layanan Anjungan Dukcapil Mandiri (FOTO: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Bupati Bantul Suharsono saat membuka layanan Anjungan Dukcapil Mandiri (FOTO: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTUL – Layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Bantul akan semakin mudah. Ini menyusul launching mesin ADM (Anjungan Dispenduk Mandiri) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Bantul.

Mesin yang mampu melayani administrasi kependudukan ini dilaunching oleh Bupati Bantul Suharsono Rabu (23/9/2020) di Loby komplek Parasamya.

Kepala Disdukcapil Pemkab Bantul Bambang Purwadi menjelaskan dengan ADM masyarakat dapat mengakses layanan KTP, KIA, Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Sehingga tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil. Keberadaan mesin ADM diharapkan mampu mengurangi 30 persen layanan di kantor Disdukcapil. 

"Dengan permohonan mencapai empat ratus berkas setiap hari, sulit untuk menerapkan sosial distancing"jelas Bambang Purwadi. 

Dengan catatan data lengkap dan tepat. Serta sinyal kuat pencetakan dokumen dapat dilakukan di mesin ADM. Cukup menggunakan Barcode atau notifikasi yang diperoleh dari aplikasi Disdukcapil Smart. Untuk sementara baru terdapat 2 unit mesin ADM. Masing - masing di komplek Parasamya dan komplek kantor Pemda Manding. 

Bambang memastikan pembuatan mesin ADM oleh Pemkab Bantul atas rekomendasi Dirjen Disdukcapil Kementerian Dalam Negeri bekerjasama dengan Badan Sandi Siber Negera (BSSN) untuk mendukung program less paper dalam administrasi kependudukan (adminduk), sehingga legalitas dan akurasi dapat dipertanggungjawabkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES