Pendidikan

Rektor UIN Maliki Malang: MBI Lembaga Penting Kampus Ulul Albab

Rabu, 23 September 2020 - 19:00 | 31.30k
Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag ketika ditemui saat acara webinar Internasional di Ruang Rektor. (Foto: Chatelia Noer Cholby/TIMES Indonesia)
Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag ketika ditemui saat acara webinar Internasional di Ruang Rektor. (Foto: Chatelia Noer Cholby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGRektor UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag menyampaikan bahwa Majma'u Al-Buhuts Wa Al-Ifta (MBI) adalah lembaga fatwa milik kampus Ulul Albab, UIN Maliki Malang.

"Lembaga ini diharapkan akan memproduksi satu kumpulan fatwa terkait dengan masalah-masalah keagamaan yang memungkinkan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya umat Islam di Indonesia maupun dunia," ujarnya dalam webinar Internasional 'Rekonstruksi Metodologi Fatwa di Era Kontemporer'  Rabu (23/09/2020).

Acara yang berlangsung selama sekitar 3 jam ini menggunakan aplikasi zoom meeting dan youtube live.

Prof. Dr. H. Abdul Haris, b

Anggota Majma'u Al-Buhuts Wa Al-Ifta' ini terdiri dari sejumlah dosen UIN Maliki Malang dengan keahlian dalam bidang pengetahuan maupun teknologi untuk menghasilkan sebuah fatwa.

MBI UIN Maliki Malang akan ini melakukan sejumlah kajian, penelitian dan menyediakan wadah untuk merespons sejumlah persoalan yang berkembang di masyakarakat, khususnya terkait agama.

Rektor UIN Maliki Malng juga mengundang beberapa narasumber dari dalam maupun luar negeri untuk membicarakan soal metodologi fatwa.

"Kami mengundang Syaikh Uwaidhah Utsman dari Mesir, Nadirsyah Hosen dari Australia, Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A dari Muhammadiyah, Dr. HM. Asrorun Ni'am Soleh, M.A dari Majelis Ulama Indonesia, dan Prof. Dr. Hj. Tutik Hamidah, M.Ag dari UIN Maliki Malang," ungkapnya.

Rektor menegaskan bahwa peran MBI UIN Maliki Malang menjadi penting. Ke depan lembaga ini bisa bekerja sama dengan ormas Islam dalam mengkaji dan membuat fatwa. "Kami sebagai pimpinan mengucapkan terima kasih dan mudah-mudahan dapat diteruskan dengan kerjasama dengan NU, Muhammadiyah, MUI, dan ormas Islam di dalam maupun luar negeri," ungkap Rektor UIN Maliki Malang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES