Politik

Mitos Nomor Urut Ganjil Selalu Menang Pilbup Banyuwangi, Tahun Ini?

Rabu, 23 September 2020 - 18:01 | 68.84k
Ilustrasi Pilkada. (Grafis: TIMES Indonesia)
Ilustrasi Pilkada. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Berdasarkan riwayat penyelenggaraan Pilbup Banyuwangi selama 3 periode terakhir, paslon dengan nomor urut ganjil selalu menjadi pemenang. Mitos atau nyata?

Percaya atau tidak, namun faktanya menunjukkan bahwa sejak 2005 hingga 2015, angka ganjil secara beruntun menjadi angka keberuntungan politik di Bumi Blambangan.

Pada 2005 lalu, pertama kali pemilihan Bupati di Banyuwangi diselenggarakan. Kala itu, paslon dengan nomor urut ganjil, Ratna Ani Lestari dan Yusuf Nuris terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi.

Pada 2010, Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi terpilih selanjutnya. Masih dengan angka ganjil, Bupati Anas menang dengan paslon nomor urut 1.

Pada 2015, Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko kembali terpilih untuk kedua kalinya. Lagi-lagi nomor ganjil membawa keberuntungan. Bupati Anas dengan nomor urut 1 kembali memenangkan pesta demokrasi kala itu.

Fenomena keberuntungan nomor ganjil juga mendominasi Pemilu Tahun 2019 di Banyuwangi. Termasuk di Pilgub 2018 yang memenangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dari urutan nomor ganjil.

Dari keseluruhan anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi pada Pileg 2019, juga didominasi dari urutan nomor ganjil. Data di lapangan, sebanyak 32 dewan yang kini menjabat, dulunya mendapatkan nomor urut ganjil.

Lalu bagaimana dengan pesta demokrasi pada Pilbup Banyuwangi 2020 ini? Pada hari Rabu (23/9/2020) KPU Banyuwangi telah menetapkan dua pasangan sebagai calon kepala daerah.

Akankah keberuntungan politik tahun 2020 ini masih berpihak di paslon penyandang nomor urut ganjil? Ataukah pada 9 Desember mendatang mitos angka ganjil akan terbantah dengan kemenangan paslon nomor urut genap.

Kamis (24/9/2020) besok, KPU Banyuwangi akan melakukan tahapan pengundian nomor urut paslon Pilbup Banyuwangi. Paslon Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dengan Sugirah dan paslon Yusuf Widyatmoko dengan KH Muhammad Riza Aziziy, akan beradu keberuntungan mendapatkan nomor urut 1 atau 2. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES