Pendidikan

Banyak PKL Gagap Teknologi, Pascasarjana Unesa Beri Pembekalan Jualan Online

Rabu, 23 September 2020 - 16:18 | 62.96k
Pascasarjana Unesa S-2 Pendidikan IPS saat memberikan pembekalan strategi berjualan secara online kepada para Pedagang di Sentra PKL Karah, Rabu (23/9/2020). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Pascasarjana Unesa S-2 Pendidikan IPS saat memberikan pembekalan strategi berjualan secara online kepada para Pedagang di Sentra PKL Karah, Rabu (23/9/2020). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPascasarjana Unesa S-2 Pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) mengadakan pembekalan ilmu berjualan secara online untuk PKL (Pedagang Kaki Lima) yang belum bisa memanfaatkan teknologi untuk berjualan online, Rabu (23/9/2020). 

Padahal jika para PKL tersebut dapat memanfaatkan teknologi, di masa pandemi seperti ini, mereka kemungkinan masih bisa bertahan.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diikuti pedagang yang berjualan di Sentra PKL Karah, tak jauh dari lokasi Unesa.

Lewat tema Peningkatan Penguatan Sosial Media Marketing Bagi Pedagang Makanan Terdampak Covid-19 di Sentra Kuliner Kota Surabaya itu, pembekalan ini diikuti oleh 17 peserta. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung I.1 Unesa Ketintang.

Pasca Sarjana Unesa a

"Di era pandemi ini kami berinisiatif untuk pedagang-pedagang kecil itu yang miskin teknologi, karena ini sudah eranya online maka kami peduli berbagi pengetahuan bagaimana strategi memasarkan online," ujar Ketua pelaksana kegiatan, Nasution.

Nasution mengatakan bahwa pedagang di Sentra PKL Karah sudah banyak yang tutup. Oleh karenanya, di era teknologi ini PKL juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman, sehingga mereka pun akan tetap bertahan.

"Mereka supaya bisa menjual dagangannya secara online jadi mereka tidak mati, online itu kan harus menarik, bagaimana cara hidangnya, fotonya, ya itu kan mereka belum tau," ungkapnya

Pihaknya pun memberi pembelajaran kepada para PKL tentang bagaimana foto pruduk yang bagus agar dapat dijual secara online serta jumlah konten yang akan diupload. Tak hanya itu para PKL juga diajarkan bagaimana berjualan di media sosial seperti facebook.

Pasca-Sarjana-Unesa-2.jpg

"Beberapa pedagang masih gaptek, karena untuk beli HPnya itu juga mahal, tapi sudah ada beberapa yang punya tapi masih terbatas di Go Food," tutur Nasution

"Tujuan kami sebagai perguruan tinggi ya berbagi ilmu supaya mereka bisa bangkit, ekonomi mereka bisa berjalan dengan normal di tengah era new normal, dengan memberi bekal mereka berdagang lewat online," tambah Kaprodi Pascasarjana Unesa S-2 Pendidikan IPS  itu.

Tidak hanya teori, Pascasarjana Unesa S-2 Pendidikan IPS juga memberikan pembelajaran berupa praktik langsung. Sehingga para PKL dapat memahami materi yang diberikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES