Politik

Kesbangpol Gelar Sosialisasi Suksesi Pilbup Sumba Timur 2020

Rabu, 23 September 2020 - 14:53 | 24.97k
Bakesbangpol saat menggelar Sosialisasi Pilkada serentak 2020 di Gedung Nasional UT Marisi (FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
Bakesbangpol saat menggelar Sosialisasi Pilkada serentak 2020 di Gedung Nasional UT Marisi (FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sumba Timur (Kesbangpol Sumba Timur) NTT kembali menggelar sosialisasi penyelenggaraan Pilbup Sumba Timur 2020 di Gedung Nasional UT Marisi, Rabu (23/9/2020).

Kegiatan itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumba Timur, Pimpinan perangkat daerah, KPU, Bawaslu, para Camat, Lurah, Kepala Desa, Para Tokoh agama, masyarakat, pemuda dan pimpinan partai politik se-Kabupaten Sumba Timur.

Sekda Sumba Timur Domu Warandoy, SH.M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini penting bagi pendidikan politik guna meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban masyarakat terutama generasi muda.

“Maka diharapkan partisipasi generasi muda agar selalu lebih giat dan aktif serta tidak hanya menjadi penonton pada setiap pesta demokrasi,” kata Warandoy.

Menurutnya, pada setiap pesta demokrasi, biasanya ada masyarakat yang bersemangat untuk ikut berpartisipasi. Namun ada juga yang karena pertimbangan praktis, tidak mau ikut. Ini yang disebut Golput.

Warandoy menambahkan, pelaksanaan Pilkada kali ini berbeda dengan sebelumnya. Peraturan Bupati Nomor 29 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumba Timur mewajibkan setiap  aktivitas atau kegiatan politik dalam penyelenggaraan pilkada harus taat protokol kesehatan.

Sementara panitia pelaksana kegiatan sosialisasi, Umbu Ranggabani, SE mengatakan, kegiatan  ini salah satu bentuk untuk menjelaskan regulasi penyelenggaraan pilkada serentak 2020 saat pandemi.

“Banyak pelanggaran-pelanggaran terhadap regulasi termasuk regulasi di bidang politik. Maka dilakukan sosialisasi secara intens dan terus menerus oleh Kesbangpol Sumba Timur untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi pemilih dalam Pilbup Sumba Timur 2020 di era pandemi Covid-19 ini," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES