Peristiwa Daerah

Polresta Banyumas Ingatkan Pemdes dalam Pengelolaan Dana Desa

Rabu, 23 September 2020 - 13:45 | 27.97k
KBO Satreskrim Polresta Banyumas IPTU Karseno, SH (Kedua dari kiri) saat memberikan materi tentang pengelolaan dana desa di Desa Randegan.(FOTO : Sutrisno/TIMES Indonesia)
KBO Satreskrim Polresta Banyumas IPTU Karseno, SH (Kedua dari kiri) saat memberikan materi tentang pengelolaan dana desa di Desa Randegan.(FOTO : Sutrisno/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUMASPolresta Banyumas bersama Pemerintah Desa Randegan, Kecamatan Wangon menggelar sosialisasi pengelolaan keuangan desa, Rabu (23/9/2020) di Pendopo Desa Randegan.

Dalam paparannya, KBO Satreskrim Polresta Banyumas Iptu Karseno, SH, menjelaskan bahwa dana desa digunakan untuk membiayai kewenangan yang menjadi tanggung jawab desa. Lalu, untuk mengoptimalkan penggunaan dana desa, diprioritaskan pada pembiayaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam urusan pengelolaan keuangan desa, Iptu Karseno mengingatkan agar masyarakat dan pemerintah desa memahami peraturan perundang-undangan yang ada. "Dengan begitu maka mereka dapat terhindar dari perbuatan tindak pidana atau melawan hukum," ujarnya.

KBO Satreskrim Polresta Banyumas a

Ia menambahkan, sosialisasi yang dilakukannya saat ini sesuai Permendagri No 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, dan Permendagri No 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa. Dan telex Polri nomor ST/5097/VIII/2016 tentang arahan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk berkoordinasi dengan APIP dalam menangani pengaduan dari masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah daerah .

"Ini juga guna mensosialisasikan program-program yang ada di kepolisian seperti kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan oleh bhabinkamtibmas," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Randegan, Drs. Sarman menyampaikan, dari kegiatan ini diharapkan pemerintah desa lebih mengenal memahami proses intansi hukum seperti di kepolisian.

KBO Satreskrim Polresta Banyumas b

"Selain itu, diharapkan bisa bermanfaat bagi peran perangkat lainnya untuk berhati hati dalam penggunaan dana desa terutama lebih meningkatnya peran koordinasi," ujarnya.

Kegiatan sosialisasi pengelolaan dana desa oleh Polresta Banyumas bersama Pemdes Randegan ini dihadiri oleh Forkopimcam, anggota BPD, dan para kontraktor lokal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES