Pendidikan

Kurikulum Baru, Kemendikbud RI Siapkan Mata Palajaran Baru Jenjang SMP dan SMA

Rabu, 23 September 2020 - 10:08 | 63.56k
Ilustrasi - Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) (FOTO: suryakepri)
Ilustrasi - Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) (FOTO: suryakepri)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud RI) menyederhanakan kurikulum dengan menambah, menggabungkan dan menghapus beberapa mata pelajaran pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dalam kurikulum baru ini, ada dua mata pelajaran baru yang wajib diikuti oleh siswa yaitu informatika dan program pengembangan karakter. Sedangkan pada kelas 10 jenjang SMA, pelajaran bahasa dan sastra mandarin akan dihapus.

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud RI, Maman Fathurrahman mengatakan, paparan penyederhanaan draf kurikulum itu masih dalam proses pembahasan di lingkungan internal.

"Apa yang beredar adalah dalam bentuk kajian akademik, masih berproses dan menerima banyak masukan dari berbagai pihak," jelasnya, Rabu (23/9/2020).

Lanjutnya, pelajaran biologi, fisika, dan kimia akan digabung menjadi IPA. Sedangkan pelajaran sejarah Indonesia dan ekonomi akan berubah menjadi IPS.

Sementara itu, untuk kelas 11 dan 12 jenjang SMA, pelajaran informatiaka dikelompokkan sebagai mata pelajaran pilihan untuk jurusan IPA. Sama dengan sejarah yang menjadi mata pelajaran pilihan untuk jurusan IPS.

"Siswa bisa memilih atau tidak memilih pelajaran tersebut," ungkap Maman.

Pada jenjang SMP, pelajaran informatika serta seni dan prakarya dipisah. Pelajaran tersebut dijadikan mata pelajaran sendiri. "Pada kurikulum 2013, keduanya digabung menjadi prakarya dan infromatika," urai Maman.

Sedangkan di jenjang SD, ada pada perubahan mata pelajaran berfokus pada proporsi jam belajar untuk menguatkan fondasi kompetensi dan perkembangan karakter siswa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES