Kuliner UMKM Tangguh

Tape Ketan Hijau Jombang Masuk Minimarket Modern, Ini Cara Pembuatannya

Rabu, 23 September 2020 - 10:14 | 199.61k
Tape Ketan Hijau Kedawung, Jombang. (foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Tape Ketan Hijau Kedawung, Jombang. (foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, JOMBANGTape ketan hijau Jombang sukses tembus pasar minimarket modern. Keberhasilan ini tidak lepas dari kwalitas dan cita rasa yang khas. Tape ketan hijau dari Desa Kedawung, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur merupakan salah satu produk UMKM yang terbaik di Jombang. 

Hampir di setiap warga dusun, ada yang memproduksi jajanan ini. Karena itu, pada Selasa (22/9/2020) kemarin, Bupati Jombang meresmikan Sentral Industri Tape Ketan Hijau sebagai UMKM unggulan Desa Kedawung.

Tape Ketan Hijau Kedawung 2

Fania (29) warga Desa Kedawung mengatakan, sudah sejak tahun 2012 membuat tape ketan hijau ini. Menurutnya membuat tape ketan hijau ini cukup mudah seperti membuat tape biasanya hanya saja yang membedakan tape ketan hijau terbuat dari ketan putih.

"Dan kamu menggunakan pewarna alami dari daun pandan sehingga rasa dan aromanya lebih gurih," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Rabu  (23/9/2020).

Fania, juga memberikan resep pembuatan tape ketan hijau miliknya yaitu sebagai berikut :

Bahan-bahan: Beras ketan putih, pewarna alami dari daun pandan, gula, ragi.

1. Beras ketan putih dicuci sampai bersih. Kemudian direndam di air bersih dan masukan pewarna alami daun pandan selama kurang lebih 18 jam. Perendaman harus lama agar warna hijau dari daun pandan diserap oleh beras ketan dan air rendamannya jadi bening seperti semula.

2. Beras ketan ditiris lalu dibilas sampai bersih. Kemudian dimasak/direbus dengan air secukupnya dengan pengapian sedang tunggu hingga setengah matang.

3. Kemudian di kukus hingga matang. Sesekali dibilas dengan air bersih agar lendir sisa rebusan tadi hilang.

4. Setelah matang ditiriskan. Taruh ke loyang/nampan dan didinginkan. Agar uapnya benar-benar menghilang karena sisa uap tersebut bisa membuat rasa tape jadi asam. Kalau perlu sambil di bolak balik.

5. Kemudian tambahkan gula secukupnya agar tambah manis. Taruh ke wadah kotak yang steril kemudian kasih ragi dan diamkan selama 3-4 hari.

Itu adalah resep pembuatan tape ketan hijau dari Gania warga Desa Kedawung, Diwek, Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES