Peristiwa Daerah

KI Jabar Minta Paslon Pilkada Serentak Kampanyekan Keterbukaan Informasi Publik

Rabu, 23 September 2020 - 09:06 | 40.88k
Ketua Komisi Informasi (KI) Jawa Barat, Ijang Faisal. (FOTO: Fazar/TIMES Indonesia)
Ketua Komisi Informasi (KI) Jawa Barat, Ijang Faisal. (FOTO: Fazar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Ketua Komisi Informasi (KI) Jawa Barat, Ijang Faisal mengatakan, pihaknya meminta para calon kepala daerah di Pilkada Serentak Jabar 2020 untuk menjadikan keterbukaan informasi publik sebagai ruh utama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Sehingga kelak apabila telah terpilih menjadi kepala daerah, Keterbukaan Informasi Publik ini harus menjadi pijakan dalam melayani masyarakat nantinya," kata Ijang di Sekretariat KI Jabar, Kota Bandung, Rabu (23/9/2020).

Pihaknya meminta dalam program kampanye para paslon kepala daerah nantinya dibuat visi misi terkait keterbukaan informasi publik. 

Ijang menunjuk contoh dalam pengelolaan anggaran misalnya, sehingga kelak ketika terpilih untuk memimpin daerahnya, mereka sudah siap untuk keterbuakan dalam hal anggaran. 

BACA JUGA: Komisi Informasi Jabar Evaluasi 118 Lembaga Publik di Jawa Barat

"Bupati atau Walikota jangan lagi sungkan untuk membuka mata anggaran yang ada di DPA. Harus diingat uang APBD itu hakikatnya uang rakyat yang harus diketahui oleh rakyat. Untuk apa, berapa jumlahnya dan dibelanjakan ke mana," papar Ijang.

Ijang Faisal (IF) mengatakan banyak temuan di kalangan masyarakat sipil, bahwa badan publik pemerintah itu tertutup bukan karena para stafnya tidak faham akan keterbukaan informasi publik namun ternyata karena para kepala daerahnya yang tidak mau terbuka saja, sehingga staf sebagai bawahan mereka mengikuti perintah atasannya.

KI Jabar akan mendorong keterbukaan informasi publik, agar masyarakat bisa meningkat kesejahteraannya dan publik dapat mengetahui mengenai apa saja program pemerintah daerah yang bisa diakses, bahkan bisa terlibat didalamnya.

"Kalau informasi-informasi seperti itu diketahui publik, maka publik dapat ikut terlibat dalam pembanguan dan meningkat kesejahteraanya," imbuh Ijang.

Pilkada Serentak Jabar digelar di delapan kabupaten/kota antara lain Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran dan Kota Depok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES