Entertainment

Oneng Sugiarta, Sosok Inspirasi MC Malang Raya

Rabu, 23 September 2020 - 09:11 | 244.55k
Master of Ceremony, Oneng Sugiarta. (Foto: Dok. Oneng Sugiarta)
Master of Ceremony, Oneng Sugiarta. (Foto: Dok. Oneng Sugiarta)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sosok Oneng Sugiarta, sebagai pembawa acara atau yang lebih dikenal sebagai MC (Master of Ceremony) sangat familiar bagi masyarakat Malang Raya. MC kondang yang  berkiprah sejak 2006 ini telah banyak memandu ratusan acara, baik di Malang ataupun di kancah nasional.

Oneng mengaku tak menyangka karirnya sebagai MC mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat. Bahkan, banyak juga para generasi muda yang ingin belajar dari pria yang pernah menjadi penyiar radio di Kota Malang.

Oneng bercerita bahwa ketertarikan dunia MC telah dikenal sejak bangku kuliah. Saat itu, ia banyak belajar dari sumber-sumber referensi yang belum banyak. Bahkan ia pun rela pergi ke Jakarta untuk belajar MC melalui seminar nasional.

"Sejak awal kuliah sudah berminat, cuma nggak ada keberanian diri. Lalu, sempat nasuk di salah satu stasiun radio itu pun awalnya jadi asisten music director, tapi akhinya jadi penyiar," kata Oneng.

Oneng bercerita, banyak MC tanah airnya yang menginspirasinya, antara lain Ferdi Hasan, Cak Lontong, Oki Lukman, Becky Tumewu, dan Taufik Savalas. Baginya, sosok seperti Taufik Savalas, tokoh MC nasional yang populer pada tahun 2000an, sangat luwes dan asik dalam membawakan acara.

"Alhamdulillah saya sempat berkolaborasi dengan mereka, kecuali almarhum pak Taufik Savalas," sambungnya.

Banyaknya pengalaman dari panggung ke panggung, membuatnya ingin berbagi. Oneng pun mengumpulkan banyak tips dan ilmu tentang MC melalui sebuah buku yang dirilisnya pada tahun 2019 berjudul A Beginners Guide to Being a Good Master of Ceremony.

"Buku tersebut merupakan kumpulan pengalaman menjadi MC di berbagai acara," kata Oneng.

Buku yang kini telah banyak beredar  di masyarakat itu pun diharapkan mampu, menularkan ilmu bagi para MC ataupun genarasi muda yang minat dengan bidang ini. Dalam buku tersebut banyak materi tentang cara membawakan acara formal atau pun semi formal, hingga menjaga perfoma dan penampilan.

"Semua lengkap di buku itu, mulai cara mengawali acara, penampilan, cara ngomongnya semua ada di situ," jelas Oneng.

MC kondang Kota Malang ini pun juga berbagi tips mudah untuk belajar. Oneng Sugiarta menyampaikan bahwa untuk menjadi Master of Ceremony yang baik, harus percaya diri, memiliki semangat belajar tinggi, mau menerima kritik dan masukan, serta memiliki penampilan yang baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES