Entertainment

Bikin Ngakak, Ini 5 Film Komedi Benyamin Sueb

Rabu, 23 September 2020 - 04:22 | 393.04k
Sosok Benyamin Sueb. (FOTO: kompas.com)
Sosok Benyamin Sueb. (FOTO: kompas.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seniman Betawi Benyamin Sueb memang telah meninggal pada 1995 silam, namun karyanya masih terkenang abadi sampai kapanpun. Benyamin Sueb selama hidupnya dikenal sebagai seniman yang jenaka dan mulitalenta, berikut adalah deretan film lucu yang diperankan oleh Benyamin Sueb.

1.    Benyamin Biang Kerok (1972)

Film ini memang bukan film pertama yang dibintangi oleh Benyamin Sueb, namun merupakan film pertama yang menunjuknya sebagai bintang utama. Film garapan sutradara Nawi Ismail ini lebih menonjolkan sosok konyol Benyamin Sueb sehingga kesan komedi sangat kental dalam film ini. Memerankan tokoh Pengki, dia selalu mencoba untuk mengerjai majikannya, Johan (A.Hamid Arief), istrinya dan mertuanya. Dengan licik ia menjual bensin mobil, berlagak jadi tuan besar dengan mobil tuannya dan merayu gadis-gadis cantik. Ia selalu lolos dari ulahnya yang merugikan orang lain itu, kecuali terakhir sekali ketika dua gadis cantik yang dikencaninya sama-sama datang ke rumah majikannya yang diaku sebagai rumahnya sendiri. Nasib baik Pengki tidak bertahan lama, hingga pada akhirnya dia dipecat akibat ulahnya sendiri.

2.    Benyamin Brengsek (1973)

Sukses memerankan tokoh utama di film Benyamin Biang Kerok pada 1972, tidak butuh waktu lama bagi Benyamin untuk kembali muncul sebagai bintang utama. Namanya kembali bersinar di film Benyamin Brengsek tepat satu tahun berikutnya. 

Unsur komedi masih kental di film ini, bahkan kali ini berhasil memunculan kisah yang bervariasi dan selalu membuat penasaran. Film ini berkisah tentang perjuangan Benyamin yang memilih merantau ke Jakarta untuk memperbaiki nasib. Jadi tukang parkir, tukang cukur; bintang film, banci, penjaga kebun binatang, penarik becak, petinju dan lain-lain. Akhirnya ia menemukan jalan hidup yang baik dan sukses.

3.    Benyamin Tukang Ngibul (1975)

Dua kali berperan sebagai bintang utama, karakter Benyamin Sueb sudah cukup kuat. Bahkan film-filmnya selalu ditunggu. Dengan menyuguhkan tema dan jalan cerita yang berbeda, Benyamin Sueb kali ini tampil sebagai orang yang suka berjudi.Kerap kalah dan apes, membuatnya bertekad untuk menggandakan uang tersebut. Alhasil jalan tidak halal ditempuhnya, mulai dari berjualan obat palsu hingga bercekcok dengan temannya. Namun usai beraksi, Benyamin Sueb malah jatuh ke tangan polisi. Setiap film Benyamin Sueb tetap menjunjung hikmah dan manfaat yang dapat diambil oleh penonton.Masih dengan gaya rambut ikal yang khas, Benjamin Sueb tampil dengan ekspresi bingung pada poster film ini. Pada Benyamin Tukang Ngibul, Ben juga berkesempatan beradu akting dengan Grace Simon. 

4.    Samson Betawi (1975)

Genre komedi cukup kental dalam film dengan judul Samson Betawi ini. Kisahnya bermula saat Samson (Benyamin Sueb) lahir setelah 13 bulan dalam kandungan ibunya. Saat baru lahir, dia diramal akan memiliki kekuatan besar, namun bila bulu ketiaknya dicukur maka kekuatannya akan hilang.

Bapak Samson, Pak Hamid banyak dibuat pusing karena ulah Samson setelah lahir. Ia sering berkelahi sehingga para orang tua lawan berkelahinya sering minta ganti rugi kepada pak Hamid. Akhirnya keluarga Hamid jatuh miskin hingga akhirnya pada 17 tahun kemudian Samson bertekad ke kota untuk mencari pekerjaan.
Di kota ia bertemu Siti Duile (Yatni Ardi) secara tidak sengaja yang hampir ditabrak mobil. Samson menolong Duile dan mereka berkenalan. Secara diam-diam Sutan Malenggang Di Langit (Mansyur Syah), seorang promotor, juga melihat kejadian itu, dan akhirnya mengajak Samson berpartner dalam mengadakan pertunjukan yang menampilkan Samson sebagai orang kuat dan pertandingan gulat. Kerja sama pun dijalin. Samson selalu berhasil dalam pertandingan gulat hingga popularitas Samson mencapai puncaknya. Sementara itu Samson menjalin hubungan erat dengan Duile. 

Tidak disangka, lawan gulat Samson berikutnya adalah kakak Duile. Duile diutus kakaknya untuk mengorek rahasia kekuatan Samson. Setelah dirayu, Samson menceritakan rahasia kekuatannya pada Duile, dan pada saat Samson tertidur, Duile tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mencukur habis bulu ketiak Samson. Pada saat pertandingan, Samson tidak berkutik dalam melawan kakak Duile dan akhirnya kalah. 

5.    Si Doel Anak Modern

Orang lebih familiar dengan sitcom Si Doel Anak Sekolahan. Padahal sebelumnya Benyamin Sueb juga memerankan tokoh utama di film film Si Doel Anak Modern. Disutradarai oleh Sjuman Djaja, film ini bercerita Doel yang hanya bisa menganggur di kampung halamannya. Ia pun membujuk sang ibu untuk menjual tanah yang ada di kota demi menikahi gadis impiannya. Namun alih-alih begitu, Benyamin malah menjadi anak yang sok modern. Berkat akting cemerlangnya, film ini mendapatkan dua penghargaan yakni Film terlaris V di Jakarta dan Piala Akademi Sinematografi LPKJ untuk editing terbaik II dan fotografi terbaik II. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES