Kuliner

Ada Odading di Cirebon, Namanya Bolang-baling Pak Toni

Selasa, 22 September 2020 - 23:23 | 370.08k
Suasana Bolang Baling Pak Toni di jalan panjunan Kota Cirebon (Foto: Ayu Lestari /TIMES Indonesia)
Suasana Bolang Baling Pak Toni di jalan panjunan Kota Cirebon (Foto: Ayu Lestari /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Tak hanya di Kota Kembang Bandung penjual odading dapat mudah ditemui. Ternyata di Kota Cirebon juga ada kue yang mirip namun sebutannya saja yang berbeda. Kalau di Kota Bandung menyebutnya Odading, di Kota Cirebon terkenal dengan sebutan Bolang Baling.

Kue ringan yang memiliki cita rasa empuk dan gurih ini bisa kita jumpai di Jalan Panjunan, Kota Cirebon. Penjual bolang baling Fatoni menceritakan bahwa usahanya sudah berdiri sejak tahun 1982 saat itu Kota Cirebon belum seramai sekarang ini.

"Sudah 38 tahun, dulu bukan disini tempatnya tapi di wilayah Pecinan, setelah itu di arahkan oleh Wali Kota tahun 1991 hingga sekarang," kata Toni, Selasa (22/9/2020).

Odading Bolang Baling a

Fatoni mengaku mengetahui video yang viral beberapa waktu lalu, membuat usahanya ikut terbantu.

"Berpengaruh sekali ya, sebelum ada video itu sehari menyediakan 75 kg adonan, sampai jam 9 malam kadang masih ada, setelah ramai video itu sehari bisa menghabiskan 90 kg adonan dan langsung habis jam 5 sore," kata Fatoni sembari memberikan senyum bahagia.

Dengan harga yang murah dan ekonomis, dalam sehari dirinya bisa menghabiskan ratusan kue bolang baling dengan omset 3 juta, setelah ramai beredar video odading mang oleh kini dalam sehari keuntungan naik hingga 20 persen.

"Tempatnya kecil si, banyak pegawai jadi cuma bisa bikin 90 kg adonan sehari, buka dari jam 2 siang sekarang abis jam 5 sore," katanya.

Sementara itu, salah satu pembeli Kiki mengatakan ciri khas rasa dari bolang baling Pak Toni tetap sama.

"Walaupun harga sudah naik jadi 1.500 per pcs, rasanya tetap sama tetap enak nggak kopong isinya mantab deh bolang balingnya," pungkasnya tentang bolang baling milik Pak Toni yang sama dengan Odading ala Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES