Entertainment

Cinta Lingkungan, Tasya Kamila Terapkan Gaya Hidup Sustainable

Rabu, 23 September 2020 - 02:20 | 72.64k
Tasya Kamila dan gaya hidup cinta lingkungannya. (FOTO: instagram @tasyakamila)
Tasya Kamila dan gaya hidup cinta lingkungannya. (FOTO: instagram @tasyakamila)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mantan penyanyi cilik Tasya Kamila membagi tips dalam menerapkan gaya hidup sustainable berkelanjutan bagi anak muda. Gaya hidup sustainable merupakan gaya hidup yang penuh kesadaran untuk meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan.

Menurut Tasya, penerapan gaya hidup sustainable bisa dimulai dari hal kecil seperti menghindari konsumsi sampah yang dapat dimulai dari mencoba mengurangi berbelanja secara berlebihan.

"Pertama, kita coba kurangi dulu sampah kita, beli barang secukupnya, jangan sampai mubazir. Lalu, ketika berbelanja, pilih barang dengan packaging yang lebih ringkas, serta sebisa mungkin hindari plastik sekali pakai," kata Tasya melalui diskusi virtual bertema Lingkungan Hidup, Selasa (22/09/2020).

Selain itu, lanjut Tasya, dirinya juga mencoba menghindari kemasan sekali pakai seperti botol dan sendok plastik. Hal itu disiasatinya dengan menggunakan tumbler dan perlengkapan makan sendiri yang ia bawa kemanapun dan lebih ramah lingkungan.

Ibu satu anak ini menambahkan, ia juga menerapkan program 3R yaitu reduce yang berarti mengurangi konsumsi barang secara berlebihan, lalu reuse yang berarti menggunakan kembali, dan recycle yang berarti mendaur ulang. Selain itu, ia juga mulai memilah sampah sesuai kategorinya. Jika memiliki sampah organik, ia menyarankan untuk dibuat kompos.

Saat ditanya soal alasannya untuk melakukan hal tersebut di atas, yakni demi keberlangsungan dan lingkungan. Tasya mengaku sudah familiar dengan isu ini sejak dirinya SMP. Ia pernah ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI sebagai Duta Lingkungan sejak tahun 2005.

"Dari tanggung jawab untuk jadi Duta Lingkungan, aku belajar banyak. Anak musa juga bisa kontribusi lewat lingkungan untuk Indonesia dan bumi. Concern-ku memang di lingkungan, dan aku senang bisa menyuarakan hal-hal positif lewat platform yang aku punya," ujar Tasya Kamila soal membagi tips dalam menerapkan gaya hidup sustainable. (*)

Edisi-Rabu-23-September-2020-Tasya-Bergaya-Hidup-Sustainable.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES