Kopi TIMES

Mengapa Belajar Sejarah?

Selasa, 22 September 2020 - 15:26 | 58.61k
Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Malang (UNISMA).
Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Malang (UNISMA).

TIMESINDONESIA, MALANG – Orang-orang hidup di masa sekarang. Mereka merencanakan dan mengkhawatirkan masa depan. Bagaimanapun, sejarah adalah studi tentang masa lalu. Mengingat semua tuntutan yang mendesak dari kehidupan saat ini dan mengantisipasi apa yang akan datang, mengapa repot-repot dengan apa yang telah terjadi? Mengingat semua cabang pengetahuan yang diinginkan dan tersedia, mengapa bersikeras mendesak banyak siswa untuk mempelajari lebih banyak sejarah daripada yang diminta?

Setiap subjek studi membutuhkan pembenaran. Pendukungnya harus menjelaskan mengapa hal itu patut diperhatikan. Sejarawan tidak melakukan transplantasi jantung, memperbaiki desain jalan raya, atau menangkap penjahat. Dalam masyarakat yang mengharapkan pendidikan untuk melayani tujuan yang berguna, fungsi sejarah bisa tampak lebih sulit untuk didefinisikan daripada ilmu teknik atau kedokteran. Namuin sejarah sebenarnya sangat berguna dan diperlukan, tetapi hasil studi sejarah kurang nyata, terkadang kurang langsung, daripada beberapa disiplin ilmu lain.

Di masa lalu, sejarah telah dibenarkan karena alasan yang tidak akan bisa diterima lagi. Misalnya, salah satu alasan sejarah mempertahankan tempatnya dalam pendidikan saat ini adalah karena para pemimpin sebelumnya percaya bahwa pengetahuan tentang fakta sejarah tertentu membantu membedakan yang terpelajar dari yang tidak berpendidikan. Akan tetapi, semua definisi kegunaan sejarah bergantung pada fakta fundamental.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Sejarah Membantu Kita Memahami Orang dan Masyarakat

Pertama-tama, sejarah menawarkan gudang informasi tentang bagaimana orang dan masyarakat berperilaku. Bagaimana kita bisa memahami kejeniusan, pengaruh inovasi teknologi, atau peran yang dimainkan kepercayaan dalam membentuk kehidupan keluarga, jika kita tidak menggunakan apa yang kita ketahui tentang pengalaman di masa lalu? Beberapa ilmuwan sosial berusaha merumuskan hukum atau teori tentang perilaku manusia. Tetapi bahkan sumber-sumber ini bergantung pada informasi sejarah, kecuali dalam kasus-kasus yang terbatas dan seringkali artifisial di mana eksperimen dapat dirancang untuk menentukan bagaimana orang bertindak. Akibatnya, sejarah harus berfungsi, betapapun tidak sempurna, sebagai laboratorium kita, dan data dari masa lalu harus menjadi bukti paling vital kita dalam pencarian yang tak terhindarkan untuk mencari tahu mengapa spesies kompleks kita berperilaku seperti itu dalam tatanan masyarakat. Sejarah menawarkan satu-satunya dasar bukti yang luas untuk kontemplasi dan analisis tentang bagaimana masyarakat berfungsi, dan orang perlu memiliki pemahaman tentang bagaimana masyarakat berfungsi hanya untuk menjalankan kehidupan mereka sendiri.

Sejarah Membantu Kita Memahami Perubahan

Alasan kedua, sejarah tak terhindarkan sebagai subjek studi yang serius mengikuti alasan pertama. Masa lalu menyebabkan saat ini, begitu juga masa depan. Setiap kali kita mencoba untuk mengetahui mengapa sesuatu terjadi, kita harus mencari faktor yang menyebabkan bentuk sebelumnya. Terkadang sejarah yang cukup baru akan cukup untuk menjelaskan perkembangan utama, tetapi seringkali kita perlu melihat lebih jauh ke belakang untuk mengidentifikasi penyebab perubahan. Hanya dengan mempelajari sejarah kita dapat memahami bagaimana hal-hal berubah; hanya melalui sejarah kita dapat mulai memahami faktor-faktor yang menyebabkan perubahan; dan hanya melalui sejarah kita dapat memahami elemen apa dari sebuah institusi atau masyarakat yang bertahan meskipun ada perubahan.

Sejarah Berkontribusi pada Pemahaman Moral

Sejarah juga menyediakan medan untuk kontemplasi moral. Mempelajari kisah individu dan situasi di masa lalu memungkinkan seorang siswa untuk menguji perasaan moralnya sendiri, untuk mengasahnya terhadap beberapa kompleksitas nyata yang dihadapi individu dalam situasi sulit. Orang-orang yang telah melewati kesulitan tidak hanya dalam beberapa karya fiksi, tetapi dalam kenyataan, keadaan historis dapat memberikan inspirasi. "Pengajaran sejarah dengan teladan" adalah salah satu frasa yang menggambarkan penggunaan studi masa lalu . Studi tidak hanya tentang pahlawan yang dapat sertifikasi, pria dan wanita hebat dalam sejarah yang berhasil mengatasi dilema moral, tetapi juga terhadap orang-orang biasa yang menyediakan pelajaran dalam keberanian, ketekunan, atau protes yang membangun.

Sejarah Memberikan Identitas

Sejarah juga membantu memberikan identitas, dan ini tidak diragukan lagi adalah salah satu alasan semua negara modern mendorong ajarannya dalam beberapa bentuk. Data historis mencakup bukti tentang bagaimana keluarga, kelompok, institusi, dan seluruh negara dibentuk dan tentang bagaimana mereka berevolusi sambil mempertahankan kohesi. Bagi banyak orang Amerika, mempelajari sejarah keluarga sendiri adalah penggunaan sejarah yang paling jelas, karena memberikan fakta tentang silsilah dan (pada tingkat yang sedikit lebih kompleks) dasar untuk memahami bagaimana keluarga telah berinteraksi dengan perubahan sejarah yang lebih besar. Identitas keluarga ditetapkan dan dikonfirmasi. Sejarah yang menceritakan kisah nasional, dengan menekankan ciri-ciri khas dari pengalaman nasional, dimaksudkan untuk membawa pulang pemahaman tentang nilai-nilai nasionalisme dan komitmen terhadap kesetiaan bangsa.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Malang (UNISMA).

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES