Peristiwa Daerah

Anggota DPR RI Nanang Samodra Gelar Sosialisasi Empat Pilar Negara di Unizar Mataram

Selasa, 22 September 2020 - 16:01 | 42.96k
Kegiatan sosialisasi Empat Pilar Negara di kampus Universitas Al-Azhar Mataram. (FOTO: Humas Unizar Mataram)
Kegiatan sosialisasi Empat Pilar Negara di kampus Universitas Al-Azhar Mataram. (FOTO: Humas Unizar Mataram)

TIMESINDONESIA, MATARAMAnggota DPR RI Nanang Samodra memberikan pemahaman akan pentingnya Empat Pilar Negara kepada mahasiswa yang ada di Universitas Al-Azhar Mataram (Unizar Mataram).

Kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Dapil NTB 2 Tahap III Tahun 2020 dengan materi Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, kemudian UUD NRI tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara itu, berlangsung dengan lancar.

Rektor Unizar Mataram, Dr Ir Muh Ansyar mengatakan bahwa Era 4.0 merupakan era canggih, masyarakat sudah bisa menyampaikan pendapat dengan bebas. Bahkan membuat tulisan atau informasi dari dalam rumah. 

Menurut Ansyar, keterbukaan informasi perlu difilter dengan cara per kokoh pemahaman dasar konstitusi serta mendalami empat pilar dan selalu dalam koridor negara republik Indonesia.

"Gunakan era kemajuan digital ini dengan baik tanpa keluar dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara itu," ungkapnya, kepada TIMES Indonesia, Selasa (22/9/2020).

Sementara, Nanang Samodra menyampaikan pentingnya sosialisasi Empat Pilar itu untuk mengetahui karakteristik Indonesia sebagai negara, bangsa yang memiliki kebesaran, keluasan dan kemajuan.

"Intinya, bagaimana bisa menghargai dan implementasikan UUD itu sebagai dasar aturan dalam melakukan kegiatan supaya tidak melanggar ketentuan yang telah diatur di dalamnya," kata Nanang.

Ia meminta, Fakultas Hukum yang ada di Unizar Mataram dapat membuat pusat studi Pancasila dengan harapan mahasiswa maupun lulusan Unizar Mataram mengetahui tempat berpijak, tidak mudah oleng dengan situasi. 

"Ini wacana saja, karena pasti melalui kajian khusus oleh Fakultas Hukum Unizar Mataram itu sendiri," ucap anggota DPR RI Nanang Samodra, saat sosialisasi Empat Pilar Negara(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES