Ekonomi

Pertamina Salurkan Dana 3,3 Miliar untuk Proyek UMKM Naik Kelas

Selasa, 22 September 2020 - 15:30 | 31.04k
Gedung Pertamina. (FOTO: Detik)
Gedung Pertamina. (FOTO: Detik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Melalui program kemitraan, Pertamina menggelar proyek percontohan pendampingan UMKM Naik Kelas yang telah menyalurkan modal usaha sebesar Rp 3,3 miliar hingga pertengahan September 2020.

Jumlah tersebut akan terus meningkat hingga total penyaluran sebesar Rp 100 miliar.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (22/9/2020) menyatakan hingga pertengahan September 2020, nilai penyaluran sebesar Rp 3,3 miliar tersebut sudah tersalurkan untuk wilayah Provinsi Jawa Timur, Bali, dan DKI Jakarta.

Saat ini sedang dalam proses pemberkasan, sebagian UMKM di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten yang akan segera diselesaikan dalam waktu dekat.

“Diharapkan dengan program kemitraan ini, UMKM memiliki kesempatan kembali dalam meningkatkan usahanya dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berdaya di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia,” kata Fajriyah.

Selain berupa penyaluran dana modal usaha, program kemitraan juga menggandeng institusi yang kompeten untuk pengembangan usaha UMKM yang berisi pendampingan bagi UMKM. 

Ini mencakup program pelatihan, mentoring dan coaching yang tahapannya dilaksanakan secara berjenjang dan akan dimonitor perkembangannya ke masing-masing mitra binaan untuk menilai efektivitasnya.

Upaya ini merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif. 

Pertamina berharap proyek percontohan pendampingan UMKM Naik Kelas ini dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES