Pemerintahan

Dorong Transportasi Terpadu, Eri Cahyadi Bakal Siapkan Shelter Khusus Sepeda seperti di Amsterdam

Selasa, 22 September 2020 - 14:50 | 33.61k
Ilustrasi - Shelter khusus sepeda di Surabaya. (Foto: Ammar Ramzi/Times Indonesia)
Ilustrasi - Shelter khusus sepeda di Surabaya. (Foto: Ammar Ramzi/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Guna mendorong gaya hidup sehat dan transportasi terpadu, bakal calon wali kota Surabaya Eri Cahyadi berkomitmen akan membangun shelter (kawasan) khusus untuk sepeda di Kota Pahlawan seperti di Amsterdam.

“Kota-kota besar di dunia selalu menjadikan sepeda sebagai salah satu moda transportasi utama warganya. Contohnya, Amsterdam yang kini menjadi ibukota pesepeda dunia. Kita ingin warga Surabaya seperti itu,” ungkap Eri Cahyadi saat gowes bareng komunitas sepeda di Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya pada Selasa (22/9/2020).

Eri mengatakan bahwa membangun iklim sepeda sebagai moda transportasi bisa diawali dengan membangun kawasan khusus pesepeda. Terutama di daerah yang akan dibangun sebagai lokasi wisata baru.

“Misalnya seperti di Jalan Panggung, Jalan Karet, Pasar Pabean, yang akan kita koneksikan dengan wisata air di jalur Kali Mas Surabaya. Bahkan beberapa kawasan kita siapkan sebagai kawasan khusus pejalan kaki,” katanya.

Eri mengatakan, tren transportasi dunia terus meninggalkan kendaraan pribadi untuk beralih ke transportasi masal. Di tengah pandemi, penggunaan sepeda semakin relevan karena warga lebih suka sepeda yang meski lebih individual tapi bebas polusi dan tidak membutuhkan ruang sebesar kendaraan pribadi.

“Kita akan bangun banyak shelter sepeda di tempat-tempat publik. Bahkan di kawasan pelayanan publik milik pemkot bisa kita wajibkan penggunaan sepeda yang bisa dipakai gratis atau sistem sewa harian yang sangat murah,” ucapnya.

Sesepuh komunitas Sepeda Ontel Surabaya (SOS), Abah Soleh menyatakan bahwa ide pengembangan sepeda Eri Cahyadi sangat sesuai dengan harapan para pesepeda.

Apalagi, di tangan Wali Kota Tri Rismaharini, Surabaya termasuk jajaran kota pertama yang membangun jalur khusus pesepeda di jalan-jalan utama kota. Eri Cahyadi sebagai orang dekat Risma membawa harapan agar kebijakan tersebut dilanjutkan.

“Kami menitipkan kebaikan yang sudah dilakukan Bu Risma untuk diteruskan oleh Mas Eri Cahyadi,” kata Absol.

Eri Cahyadi, kata Absol, bukan nama yang asing bagi para pecinta sepeda. Jauh sebelum menerima rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan, Eri Cahyadi sudah aktif bersepeda bersama komunitas SOS. "Kami sebagai pengurus SOS, sangat senang dengan kehadiran Pak Eri Cahyadi. Beliau orangnya amanah, pasti bisa meneruskan kepercayaan Bu Risma," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES