Peristiwa Daerah

Ditlantas Polda Jatim Luncurkan Aplikasi TAR, Ini Keistimewaannya

Selasa, 22 September 2020 - 11:00 | 149.64k
Ditlantas Polda Jatim saat meluncurkan aplilasi TAR di Polres Tulungagung, Senin (21/9/2020). (Foto: Ditlantas Polda Jatim)
Ditlantas Polda Jatim saat meluncurkan aplilasi TAR di Polres Tulungagung, Senin (21/9/2020). (Foto: Ditlantas Polda Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYADitlantas Polda Jatim kembali membuat gebrakan, kali ini Ditlantas Polda Jatin telah meluncurkan Aplikasi TAR (Traffic Attitude Record)  pada Senin (21/9/2020) di Polres Tulungangung.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usmab mengatakan, TAR  merupakan sebuah aplikasi yang berisi database pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang dimiliki oleh Polri. Data tersebut terkoneksi dengan SKCK online Sat Intel Polres Tulungangung, Aplikasi SIM Ceria dan Aplkimasi TACS (Traffic Accident Claim System) yang dimiliki Polres Tulungagung.

"Sistem Traffic Attitude Record yang baru dilaunching ini bisa menjadi lebih mudah untuk melakukan pengurusan bagi masyarakat seperti SKCK online, SIM dan yang lain," ujarnya.

Dari adanya Aplikasi TAR tersebut dapat membangun budaya tertib berlalu lintas. Hal tersebut lantaran sistem dapat menganalisa data dan  muncul pada aplikasi pendaftaran oNLINE SIM, SIM Ceria Polres Tulungagung yang juga dikaitka  dengan sistem E-Tilang dan TACS akan semakin akurat sistem pencatatan pelanggaran lalu lintas," tutur Latif.

Ditlantas-Polda-Jatim-2.jpg

Tak hanya itu, TAR juga dapat digunakan untuk memonitoring pelanggaran lalu lintas maupun laka lantas berulang kali. Data yang ada dalam TAR digunakan sebagai input dalam aplikasi pendaftaran SIM Cerka dan keterangan di SKCK.

"TAR ini juga bisa melakukan monitoring bagi pelanggar berlalu lintas saat dijalan, sehingga dengan muda petugas melakukan tindakan. Selain, juga bisa sebagai input dalam aplikasi pendaftaran SIM," paparnya.

TAR juga dapat di gunakan untuk kepentingan lainnya, seperti image processing/image analisis untuk menghasilkan sebuah system, seperti halnya;

1. Monitoring dan evaluasi dalam berbagai sistem-sistem virtual, infografis maupun statistik secara ontime, realtime dan anytime.

2. Sebagai pendukung forensik kepolisian.

3. Techno Crime Prevention.

4. Menunjukan alogaritma Road Safety.

5. Pelayanan prima yang cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif dan mudah diakses.

6. Mendukung program pemerintah untuk membangun ERP, ERC, e-Parking, e-SAMSAT, e-Banking, serta E-TLE dan sebagainya.

7. Akuntabilitas kepada publik secara moral, hukum, administrasi dan fungsional.

8. Reformasi birokrasi, inisiatif antikorupsi dan trobosan kreatif.

9. Landasan mewujudkan Polantas yang profesional, cerdas, bermoral dan unggul.

10. Membangun budaya tertib lalu lintas. 

Ditlantas Polda Jatim berharap Aplikasi TAR tersebut dapat membangun budaya tertib berlalu lintas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES