Peristiwa Internasional

Menlu RI: 75 Tahun Berdiri, PBB Harus Berdampak Nyata

Selasa, 22 September 2020 - 10:48 | 28.66k
Menlu RI Retno Marsudi berpartisipasi pada pertemuan memperingati 75 Tahun berdirinya PBB. (Foto: Kemlu RI)
Menlu RI Retno Marsudi berpartisipasi pada pertemuan memperingati 75 Tahun berdirinya PBB. (Foto: Kemlu RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi menawarkan solusi kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memberikan dampak nyata dan tidak terjebak pada retorika.

Hal itu disampaikannya saat berpartisipasi secara virtual pada pertemuan tingkat tinggi untuk memperingati 75 Tahun berdirinya PBB. Pertemuan tersebut merupakan salah satu rangkaian Sidang Majelis Umum PBB ke-75.

Dalam jangka pendek, hal tersebut dapat tercermin dalam upaya menjamin dan memfasilitasi akses kebutuhan vaksin dan obat-obatan yang terjangkau bagi semua.

"Dalam jangka panjang, PBB harus berupaya untuk menciptakan ketahanan ekonomi global dan penguatan sistem kesehatan global," ujar Menlu Retno, dikutip dari laman resmi Kemenlu RI, Selasa (22/9/2020).

Menlu Retno menegaskan, ekspektasi dunia terhadap PBB semakin meningkat, untuk dapat perkuat kepemimpinan global dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat luas.
 
Belakangan, tantangan kerja sama multilateral semakin besar dengan meningkatnya rivalitas dan kebijakan unilateralisme sejumlah negara. Menlu Retno mengingatkan bahwa hal tersebut tidak dapat dibiarkan, karena negara lemah akan semakin terpinggirkan. 

Without multilateralism, the mighty takes all (Tanpa multilateralisme, yang kuat mengambil semuanya-red),” kata Menlu RI Retno Marsudi.

Selain menawarkan solusi agar PBB berdampak nyata, Menlu Retno juga mendorong PBB tetap relevan dan dapat mengantisipasi tantangan mendatang.

"Untuk itu, PBB harus terus memperbaiki diri agar tetap efisien, adaptif dan memiliki kemampuan deteksi dini," ujarnya.

Pertemuan tingkat tinggi yang diikuti oleh Menlu RI tersebut juga telah mengesahkan Deklarasi Peringatan 75 Tahun PBB yang berisi komitmen langkah konkret global untuk menciptakan perdamaian dan kerja sama internasional di berbagai bidang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES