Peristiwa Nasional

Cek Rekening Anda, BLT Pekerja Tahap 4 Cair Pekan Ini

Senin, 21 September 2020 - 19:54 | 51.06k
Ilustrasi- pencairan dana BLT pekerja. (Foto: Republika/Prayogi)
Ilustrasi- pencairan dana BLT pekerja. (Foto: Republika/Prayogi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabar gembira bagi pekerja bergaji di bawah Rp 5 Juta disampaikan oleh Kementrian Ketenagakerjaan, pencairan bantuan langsung tunai atau BLT pekerja dijadwalkan cair pekan ini.

BLT akan diberikan kepada 2,8 juta pekerja yang tercatat di BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Pihaknya mengaku sudah menerima daftar calon penerima BLT Pekerja serta sudah menentukan daftar nama yang sesuai dengan syarat yang ditentukan.

"Kemarin kami menerima data baru dari BPJS Ketenagakerjaan untuk 2,8 juta calon penerima, mudah-mudahan batch keempat diproses sesuai juklaknya," ungkap Ida Fauziah dalam keterangan resminya, Kamis (17/9/2020).

Ia memastikan telah menyelesaikan proses transfer hingga batch ketiga pada Rabu (16/9/2020) lalu. Lebih lanjut, bantuan BLT pekerja ini ditargetkan tersalurkan kepada 15,72 juta pekerja hingga akhir 2020. Bantun sebesar Rp 600 ribu per bulan ini akan diberikan selama 4 bulan dalam dua kali transfer. Artinya, setiap penerima bantuan akan menerima total Rp 2,4 juta yang ditransferkan dalam dua tahap atau Rp 1,2 juta per dua bulan.

Tak hanya pekerja formal BPJS Ketenagakerjaan saja, nantinya BLT pekerja juga akan dinikmati oleh 1,8 juta guru honorer. Satuan tugas (satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi (PEN) mengklaim telah menyalurkan BLT kepada 398.637 guru honorer dan tenaga pendidik per 14 September 2020. BLT kepada pegawai honorer di sektor pendidikan merupakan bagian dari program BLT pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta.

"Hingga 14 September 2020, subsidi gaji telah disalurkan kepada 398.637 pegawai honorer di sektor pendidikan," papar Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin.

Ia melanjutkan tenaga honorer pendidik yang mendapatkan bantuan adalah mereka yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Satgas PEN mencatat program BLT pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta telah tersalurkan sebesar Rp 7 Triliun per 14 September. Jumlah itu, setara 17,43 persen dari pagu anggaran Rp 37,87 triliun.

Berdasarkan data gelombang keempat yang berjumlah 2,8 juta calon penerima bantuan, maka jika ditotal secara keseluruhan sejak tahap pertama maka sudah mencapai 11,8 juta pekerja yang menerima BLT Pekerja. Secara rinci, 2,5 juta penerima pada gelombang pertama, diikuti oleh 3,5 juta pekerja di gelombang kedua, dan pada tahap ketiga ada 3 juta penerima. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES