Peristiwa Daerah

Ketua TP PKK Sleman Memotivasi Anggota Keluarga Lintas Generasi Berseri Tridadi

Senin, 21 September 2020 - 19:27 | 38.26k
Ketua PKK Sleman Kustini ketika menyambangi anggota Keluarga Lintas Generasi Berseri Tridadi. (FOTO: PKK Sleman for TIMES Indonesia)
Ketua PKK Sleman Kustini ketika menyambangi anggota Keluarga Lintas Generasi Berseri Tridadi. (FOTO: PKK Sleman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Ketua Tim Penggerak atau TP PKK Sleman, Kustini SP memberikan motivasi kepada Kelompok Lintas Generasi (KLG) Berseri Dusun Beteng, Desa Tridadi, Kabupaten Sleman. Motivasi itu bertujuan agar kelompok yang beranggota lansia ini semakin semangat dalam menjaga kesehatan dan hidup mandiri.

"Sehingga, para lansia ini tidak tergantung kepada orang lain," kata Kustini dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Senin (21/9/2020).

Kelompok Lintas Generasi memiliki anggota 67 orang. Para anggota ini diajari membatik agar dapat hidup mandiri. Selama pelatihan peserta menerapkan standar Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Ketua PKK Sleman Kustini a

"Lansia-lansianya hebat-hebat.Tetap semangat dan jangan menganggap kalau panjenengan semua itu tua. Kita harus tetap berpikir kalau muda sehat dan bahagia," terang Kustini.

Dalam kesempatan itu, Kustini menyempatkan diri melihat lahan atau kebun swadaya milik KLG ini. Serta makan sego liwet bersama warga dipinggir sawah.

Di sela kegiatan Kustini SP menjelaskan, Kelompok Lintas Generasi (KLG) di tempat ini anggota dari beragam usia (- + 70 persen di atas 60 tahun; 30 persen kurang dari 60 tahun). Mereka memiliki pendapatan berbeda-beda seperti masyarakat kurang mampu dan mereka yang memiliki pendapatan stabil, penyandang disabilitas serta laki-laki dan perempuan.

Secara rutin, para lansia ini juga memeriksakan kondisi kesehatan setiap bulan. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi tekanan darah dan mengukur berat badan. Selain itu KLG Berseri juga mengelola kegiatan usaha, baik simpan pinjam, pengelolaan lahan, sekaligus sebagai ajang refresing bagi para anggotanya.

"Pertemuan bulanan menjadi ruang melepas kebosanan. Mereka bisa bertemu dengan anggota lainnya, tertawa dan bernyanyi bersama, dan ada pengetahuan baru yang Ia dapat," jelas Ketua TP PKK Sleman Kustini saat bertemu anggota Keluarga Lintas Generasi Berseri Tridadi di Kabupaten Sleman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES