Olahraga

Merpati Putih Gelar Ujian Kenaikan Tingkat Nasional di Kota Batu

Senin, 21 September 2020 - 19:20 | 139.19k
Anita Yuli, peserta dari Kota Malang, saat mematahkan beton cor rangkap dua dengan tendangan yang merupakan salah satu ujian yang harus dilalui saat UKT Nas. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Anita Yuli, peserta dari Kota Malang, saat mematahkan beton cor rangkap dua dengan tendangan yang merupakan salah satu ujian yang harus dilalui saat UKT Nas. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Pencak Silat Merpati Putih (MP) menggelar Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Nasional di El Hotel Kartika Wijaya, Kota Batu. Harusnya UKT Nasional ini diselenggarakan terpusat di Yogyakarta, namun karena terkendala Pandemi Covid-19, akhirnya kegiatan ini dilaksanakan di Kota Batu.

Agenda tahunan ini diselenggarakan serentak diberbagai kota besar di Indonesia. Di Jawa Timur dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan di Ponorogo pada 30 Agustus 2020 dengan 20 peserta.

Gelombang kedua dilaksanakan di Kota Batu yang diikuti 30 peserta terdiri dari 28 laki-laki dan dua orang perempuan yang berasal dari Kota Surabaya, Jember, Probolinggo, Bojonegoro dan Malang Raya. Salah seorang peserta yang ikut serta adalah Kolonel Hariyo Poernomo.

Merpati Putih 1

Anggota TNI AL ini adalah Komandan Upacara Pengibaran Bendera 17 Agustus 2019 yang sempat viral. Pasalnya, usai melaksanakan upacara, Presiden RI Joko Widodo, berkenan memberikan ucapan selamat dengan menghampirinya.

Komandan kapal serbu cepat ini, berkesempatan UKTNas di Kota Batu, karena pasukannya sandar di Surabaya. Usai menjalankan tugas di Natuna, ia  menyempatkan diri mengikuti ujian di Kota Batu ini.

Materi ujian terbagi dalam empat tahap. Pertama, ujian tulis. Kedua, ujian rangkaian gerak. Ketiga, ujian deteksi benda dengan mata ditutup. Keempat, ujian pematahan benda keras, berupa stang besi cor, kikir, batu kali dan beton cor.

Merpati Putih 2

Materi lari sejauh 45 km ditiadakan, dengan pertimbangan masih pandemi.

"Ujian ini bertempat di Kota Batu dengan pertimbangan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Pihak hotel menjamin pengawasannya dan penyediaan kebutuhannya," ujar Ketua MP DPD Jatim, Haryanto BS Sunaryo.

Januar Triwahyudi, panitia pelaksana menyatakan, jika UKT Nasional tradisinya lari dari Sasana Inggil Yogya ke Pantai Parangkusumo.

"Tapi karena pandemi, itu ditiadakan oleh Dewan Guru Merpati Putih. Meskipun sudah new normal, kita tidak takabur. Kita tetap patuhi regulasi pemerintah. Alhamdulillah lancar, masyarakat Kota Batu luar biasa. Saya selaku panitia mengucapkan terima kasih," ujar lelaki yang juga berprofesi sebagai jurnalis ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES