Peristiwa Daerah

Pertahankan Permainan Tradisional Kekean, Pemkab Lumajang akan Buat Perlombaan

Senin, 21 September 2020 - 18:36 | 155.39k
Permainan Tradisional Kekean (Gasing) (FOTO: Herman Zhakaria/liputan6)
Permainan Tradisional Kekean (Gasing) (FOTO: Herman Zhakaria/liputan6)

TIMESINDONESIA, LUMAJANGKekean atau lebih dikenal dengan Gasing Kayu, merupakan salah satu dari banyaknya permainan tradisional di Indonesia.

Generasi saat ini mungkin sudah tidak mengenal Kekean. Namun, siapa sangka saat ini bibit atlet mulia dicarai ikut berkompetisi dalam perlombaan Kekean.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lumajang, Paimin. Bahwa pihaknya mencoba untuk membangkitkan kembali olagraga tradisional. Salah satunya adalah olahraga Kekean atau Gasing Kayu.

PaiminPaimin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lumajang

Menurutnya, tidak banyak generasi muda saat ini yang mengetahui serunya bermain gasing kayu. "Permainan tradisional saat ini sudah banyak ditinggalkan karena kemajuan teknologi," ujarnya.

Hal itu yang mendasari dirinya untuk kembali menghidupkan olahraga tradisional tersebut.

"Nantinya olahraga ini juga akan dilombakan di tingkat provinsi," ujarnya. Sehingga dalam waktu dekat, atlet gasing kayu akan mulai disaring untuk menghidupkan kembali olahraga tradisional tersebut.

Selain itu, Paimin menambahkan di Kabupaten Lumajang masih ada pengrajin kayu yang memproduksi gasing kayu. "Kami juga melibatkan masyarakat yang memiliki keterampilan mengolah kayu untuk membuat gasing. Saat ini hanya ada dua pengrajin yang masih memproduksi," tambahnya.

Dalam hal ini pihaknya berharap, munculnya atlet permainan tradisonal Kekean di Lumajang ini, juga akan menumbuhkan pengrajin gasing di Lumajang. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pengrajin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES