Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Support Penanganan Covid-19, Dua Rumah Sakit di Probolinggo Dapat Bantuan Ventilator

Senin, 21 September 2020 - 18:18 | 27.73k
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, salurkan ventilator dan sejumlah bantuan sosial untuk warga Probolinggo. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, salurkan ventilator dan sejumlah bantuan sosial untuk warga Probolinggo. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Dua rumah sakit di Probolinggo, Jawa Timur, dapat bantuan ventilator. Bantuan tersebut, berasal dari USAID melalui Kemenkes RI, untuk kabupaten/kota di Jawa Timur. Melalui bantuan tersebut, diharapkan bisa mendukung penanganan kasus Covid-19 di Kota/Kabupaten Probolinggo.

Sebagai informasi, sebaran Covid-19 di Kabupaten Probolinggo, mengalami lonjakan drastis. Begitu pula yang terjadi di Kota Probolinggo. setiap hari masih ada kasus konfirmasi baru. Sebagai langkah penanggulangan, Pemkab menerima ventilator untuk penanganan pasien covid19.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut, bantuan ventilator ini merupakan langkah dari pemprov, untuk menekan sebaran Covid-19 di daerah. “Jadi ini (bantuan ventilator), berdasarkan permintaan dari masing-masing daerah. Salah satunya, Kabupaten Probolinggo,” katanya, di Pendapa Pemkab Probolinggo, Senin (21/9/2020) sore.

Ventilator.jpg

Khofifah menyebut, bantuan ventilator itu total sebanyak 210 unit dari USAID melalui Kemenkes RI untuk Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya disebar ke 127 rumah sakit rujukan di Jawa Timur.

Dari jumlah tersebut, sebelumnya ada sekitar 102 rumah sakit, telah terlebih dahulu mengajukan bantuan ventilator. Dua rumah sakit yang mendapat bantuan ventilator itu, masing-masing ada di Kabupaten dan Kota Probolinggo.

“Karena itulah kami bagikan saat ini. sambil membagikan ventilator, sebagai layanan kuratif, tetap kami perketat langkah preventifnya. Dengan disiplin protokol kesehatan, terutama penggunaan masker,” ujar Khofifah.

Untuk mendukung disiplin masker, pemprov juga menggelontor sejumlah bantuan masker. Masker-masker tersebut, kemudian akan disalurkan melalui pendamping PKH, TKSK dan Tagana. Serta sejumlah paket sembako, untuk warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Dengan harapan, sebaran Covid-19 di wilayah ini bisa ditekan seminimal mungkin. Atau bahkan diputus mata rantai penyebarannya.

Sebagai langkah pencegahan, Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari juga tak segan turun langsung. Mendisiplinkan masyarakat setempat untuk memakai masker. Beberapa lokasi strategis, seperti pasar dan sejumlah tempat keramaian lainnya, disambangi bupati berhijab ini. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat, agar disiplin protokol Kesehatan dan memakai masker.

“Mewakili warga masyarakat Kabupaten Probolinggo, kami mengucapkan banyak terima kasih pada pemprov. Atas supportnya selama ini, kepada satgas penanganan Covid19,” kata Tantri.

Di Kabupaten Probolinggo, data per 21 September 2020, ada total 904 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dengan rincian, 323 pasien dalam perawatan, 541 sembuh dan 40 meninggal. Klaster pabrik, menjadi penyumbang kasus positif terbesar di Kabupaten Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES