Pendidikan UIN Malang

UIN Maliki Malang Laksanakan Bimtek Calon Guru Besar

Senin, 21 September 2020 - 18:22 | 22.68k
Pembukaan acara Bimtek calon guru besar UIN Maliki Malang. (Foto: Humas UIN Maliki Malang)
Pembukaan acara Bimtek calon guru besar UIN Maliki Malang. (Foto: Humas UIN Maliki Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Seluruh peserta calon guru besar UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) memulai rangkaian Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Internasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Senin (21/9/2020).

Rangkaian tersebut dilakukan sebagai bentuk dari program percepatan guru BESAR UIN Maliki Malang. Kegiatan Bimtek dilakukan di Ruang Meeting Gedung Rektorat UIN Maliki Malang lantai 3 hingga sore hari.

Dalam kegiatan kepenulisan artikel ini seluruh calon guru besar didampingi oleh Prof. Dr. Irwan Abdullah dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Seluruh peserta diminta untuk mulai merumuskan topik yang akan dibahas dalam artikel ilmiah.

"Untuk memulai menulis memang membutuhkan usaha yang sangat luar biasa, sebab tak gampang menata niat maupun merealisasikannya," ungkapnya

Irwan mengingatkan untuk menghapus rasa malas dalam menulis. Sebab itu, seluruh peserta disarankan harus membiasakan menulis beberapa paragraf. "Kalau saya ajarkan ke mahasiswa, setiap pagi tulis satu paragraf. Itu sudah dapat sekitar 150 kata," ucapnya

Dalam waktu sebulan akan ada sekitar 4.000-an kata yang ditulis. Untuk kata sebanyak itu sudah termasuk ideal bagi sebuah artikel terindeks Scopus.

Prof Dr Irwan Abdullah selaku Guru Besar Antropologi UGM menyatakan bahwa seorang dosen dalam setahun dapat menghasilkan 10 artikel ilmiah. Tentunya, dosen akan dengan mudah untuk mencapai gelar guru besarnya karena memiliki banyak artikel.

"Kalau ada banyak artikel begini kita tidak akan bingung. Misalnya, satu atau dua artikel ditolak oleh redaktur jurnal,” ujarnya

Dalam program tersebut Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr H Abdul Haris, MAg berharap dapat mencetak banyak guru besar untuk Kampus Ulul Albab. Sebab itu, pelatihan dalam menulis jurnal dilakukan secara ketat oleh LPPM UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES